Puing bangunan bekas Pabrik Es Saripetojo. (dok Solopos) Puing bangunan bekas Pabrik Es Saripetojo. (dok Solopos)
Jumat, 22 Juli 2011 17:26 WIB Solo Share :

Nasib Pabrik Es Saripetojo ditangan tim ahli

Puing bangunan bekas Pabrik Es Saripetojo. (dok Solopos)

Solo (Solopos.com)–Bangunan bekas Pabrik Es Saripetojo masuk dalam daftar 117 bangunan cagar budaya (BCB) hasil inventarisasi ulang tim konsultan yang digandeng Dinas Tata Ruang Kota (DTRK) Solo.

Selanjutnya data BCB hasil inventarisasi konsultan segera dikaji lebih mendalam oleh tim ahli bentukan Pemkot. Rencananya tim ahli yang bakal terdiri dari lima hingga tujuh orang itu akan dilegitimasi Walikota Solo, Joko Widodo (Jokowi) awal pekan depan.

“Susunan tim ahli sudah ada, tinggal saya tanda tangani Senin (25/7) atau Selasa (26/7) pekan depan, mereka bisa bekerja,” ujar Walikota saat ditemui wartawan di Kompleks Balaikota, Jumat (22/7) siang.

Pembentukan tim ahli yang bertugas mengkaji daftar BCB Kota Solo merupakan respons Pemkot atas Undang-Undang (UU) No 11/ 2010 tentang Cagar Budaya. Dalam UU itu diatur walikota atau bupati berwenang menetapkan BCB berdasar rekomendasi tim ahli. Sementara inventarisasi BCB oleh tim konsultan DTRK sudah dilakukan sejak enam bulan lalu.

“Tim ahli ini nantinya tinggal mengkaji saja. Untuk inventarisasi sudah selesai dilakukan oleh konsultan DTRK,” imbuhnya. Tim ahli terdiri dari unsur budayawan, akademisi, sejarawan, arkeolog serta Pemkot Solo.

Terpisah, konsultan inventarisasi BCB yang digandeng DTRK, Eko Sulistyo menyatakan ada 117 bangunan yang memenuhi kriteria BCB. Angka itu terdiri dari 63 bangunan yang sudah masuk SK Walikota 1992. Sisanya 54 bangunan termasuk bekas Pabrik Es Saripetojo, merupakan hasil inventarisasi terbaru konsultan.

Eko menegaskan daftar BCB hasil inventarisasi sudah dilengkapi dokumen pendukung seperti foto dan sejarahnya. Menurut dia Pabrik Es Saripetojo berhasil memainkan peran sentral dalam pertumbuhan industri di Kota Bengawan dan kabupaten sekitar. Dia yakin tim ahli bentukan Pemkot bakal cepat menyelesaikan pengkajian daftar BCB hasil inventarisasi konsultan.

(kur)

LOWONGAN KERJA
DR. NORMA AESTHETIC CLINIC, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Leave a Reply

Kolom

GAGASAN
Lebaran dan Wartawan

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (23/6/2017). Esai ini karya Heri Priyatmoko, dosen Ilmu Sejarah di Fakultas Sastra Universitas Sanata Dharma Yogyakarta. Alamat e-mail penulis adalah heripri_puspari@yahoo.co.id. Solopos.com, SOLO–Lebaran tinggal menghitung jam. Semua sibuk menyambut. Tak terkecuali barisan juru…