Agus Prayogo (Foto: Antara)
Jumat, 22 Juli 2011 11:11 WIB Sport Share :

Agus Prayogo tembus final Army Olympiad

Agus Prayogo (Foto: Antara)

Semarang (Solopos.com)–Pelari nasional asal Jawa Tengah (Jateng) Agus Prayogo, menembus babak final nomor 5.000 meter pada pesta olah raga multievent antartentara dunia Army Olympiad yang sedang berlangsung di Brasil.

Agus ketika dihubungi dari Semarang, Jumat, mengatakan pada babak semifinal yang diikuti 60 pelari tersebut, dirinya mencapai garis finish pada urutan keenam dengan catatan waktu 14,15 menit.

Menurut peraih medali emas SEA Games 2009 Laos pada nomor lari 10.000 meter tersebut, peserta yang berhak melangkah ke babak final yang dilangsungkan pada Sabtu (24/7/2011) adalah mereka yang masuk peringkat 16 besar.

“Saya masuk garis finish pada urutan keenam sehingga berhak masuk final Sabtu besok,” ujar pelari yang tercatat berdinas di Secapa TNI AD Bandung tersebut.

Menurut dia, catatan waktu yang dicapai pada babak semifinal di Brasil ini masih jauh dari catatan waktu yang dicatat saat membela Indonesia pada Kejuaraan Atletik Asia di Kobe, Jepang, beberapa waktu lalu.

Pada saat tampil di Kobe, Jepang, Agus hanya menempati peringkat kedelapan dengan catatan waktu 14.10 menit.

Ia mengemukakan pada babak final besok, dirinya bertekad untuk memperbaiki catatan waktu tersebut supaya bisa menembus peringkat tiga besar.

“Saya memasang target di Brasil ini adalah meraih medali sehingga harus bisa menembus peringkat tiga besar,” lanjutnya.

Ketika ditanya keikutsertaannya pada nomor lari 10.000 meter, dia menuturkan dirinya batal tampil pada nomor tersebut karena babak penyisihannya terlalu banyak.

“Perserta untuk nomor lari 10.000 meter cukup banyak sehingga dirinya harus mengikuti babak penyisihan yang cukup banyak pula. Akhirnya saya putuskan untuk ikut satu nomor saja,” paparnya.

Selain Agus, pelari nasional yang tampil pada Army Olympiad tersebut adalah Farel (lari cepat) dan I Gede Karangasem (turun di luar nomor lomba atletik tetapi ikut di cabang olahraga ketentaraan yaitu orientary).

Agus merupakan pelari nasional yang dipersiapkan tampil pada SEA Games XXVI di Sumatera Selatan dan DKI Jakarta, 11-22 November 2011.

Pada pesta olah raga multievent antarnegara Asia Tenggara mendatang yang bersangkutan bakal turun pada dua nomor andalannya, yaitu lari 5.000 dan 10 ribu meter dengan target meraih dua medali emas.

“Selain mengamankan dua medali emas, saya juga ingin memecahkan rekor SEA Games untuk nomor lari 5.000 meter yang saat ini dipegang pelari Malaysia, Rahmad Chandra (14.08 menit dicapai pada saat di SEA Games di Jakarta 1997),” imbuhnya.

(Antara/nad)

lowongan pekerjaan
Kepala Produksi, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Wacana Lama Densus Antikorupsi

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (20/10/2017. Esai ini karya Hafid Zakariya, Ketua Program Studi Ilmu Hukum di Universita Islam Batik (Uniba) Solo. Alamat e-mail penulis adalah hafidzakariya@gmail.com. Solopos.com, SOLO — Rencana pembentukan Detasemen Khusus Antikorupsi yang digulirkan kembali oleh…