Rabu, 20 Juli 2011 16:21 WIB Sukoharjo Share :

RSUD Sukoharjo musnahkan 36 jenis obat kedaluwarsa

Sukoharjo (Solopos.com)–RSUD Sukoharjo melakukan pemusnahan 36 jenis obat kedaluwarsa untuk menghindari kemungkinan peredaran dan penyalahgunaan di masyarakat, Rabu (20/7/2011), di rumah sakit setempat.

Sebagian besar obat-obatan tersebut merupakan dropping dan bantuan pemerintah pusat. Direktur RSUD Sukoharjo, dr Gunadi, dalam penjelasannya kepada wartawan menyebutkan seluruh obat yang dimusnahkan merupakan sisa tak terpakai dan telah habis masa pemakaiannya. Dia mengatakan dari 36 jenis obat tersebut, obat antibiotik merupakan yang paling banyak dibandingkan jenis-jenis obat lain.

“Semua yang dimusnahkan karena obat sudah kedaluwarsa atau rusak, sehingga tidak bisa dipakai lagi. Total ada 36 jenis yang kali ini dimusnahkan petugas dan dihapuskan dari daftar barang-barang inventaris,” ungkapnya di sela-sela kegiatan, didampingi sejumlah pejabat RSUD dan instansi terkait lain, kemarin.

Sementara Petugas Barang Medis RSUD Sukoharjo, Sudassi, menambahkan pemusnahan obat dilakukan hampir setiap tahun. Dia menyatakan langkah itu untuk menghindari peredaran obat ke masyarakat sehingga rawan disalahgunakan. “Tidak hanya kali ini, sebelumnya tahun 2010 juga ada pemusnahan obat yang kedaluwarsa, sekitar bulan Oktober,” paparnya menambahkan.

(try)

lowongan kerja
lowongan kerja SOLOPOS, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Leave a Reply

Kolom

GAGASAN
Bukan Penerus Sastra Jawa Modern

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (22/7/2017). Esai ini karya Bisri Nuryadi, seorang guru Bahasa Jawa dan pembaca setia Rubrik Jagad Jawa Solopos. Alamat e-mail penulis adalah bisrinuryadi@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Wong Jawa patut berterima kasih kepada Ki Padmasusastra (1843-1926), bapak…