Rabu, 20 Juli 2011 16:50 WIB Tak Berkategori Share :

PKMS untuk yang berhak

internet

[SPFM], Dalam urusan pelayanan kesehatan, sebagian warga Solo bisa berlega hati.  Ini tak lain,  karena selama tiga tahun terakhir, Pemerintah Solo menyelenggarakan Program Pemeliharaan Kesehatan Masyarakat Solo atau yang lebih dikenal dengan PKMS .  Secara garis besar masyarakat mengenal adanya dua kartu PKMS. Satu PKMS  Silver dan satu lagi PKMS Gold .

Program ini diluncurkan untuk menjangkau masyarakat yang belum tersentuh berbagai layanan kesehatan.  Karena itu, dengan diluncurkannya program ini,  seluruh lapisan masyarakat, terutama masyarakat yang tergolong miskin dapat juga bisa mendapat fasilitas kesehatan yang lebih memadai.

Memang tidak mudah memberikan layanan kepada ribuan warga yang membutuhkan layanan kesehatan. Apalagi, di saat-saat seperti ini manakala biaya pemeliharaan kesehatan juga kian mahal.  Bisa dikatakan munculnya, program PKMS ini mampu memberikan layanan kesehatan yang relatif memadai bagi sebagian warga.

Namun, yang namanya program tak bisa terlepas dari kekurangan. Dibutuhkan waktu dan pematangan berkelanjutan, agar program ini dapat dapat terus berjalan. Pada awalnya,  memang sempat muncul berbagai kendala saat program ini diluncurkan. Masyarakat seolah enggan mengurus kartu PKMS berikut  dengan segala persyaratannya.

Kondisi tampak berbeda manakala masyarakat mulai merasakan manfaatnya.  Peminat untuk mempunyai kartu PKMS juga terus bertambah. Di satu sisi, ini merupakan keberhasilan pemerintah kota untuk menjangkau masyarakat dan memberikan pelayanan kesehatan terhadap warga.

Namun, di sisi lain, masyarakat juga berlomba ingin memiliki kartu PKMS. Repotnya,  masyarakat yang sebenarnya tidak berhak juga ingin memiliki kartu agar dapat menikmati fasilitas kesehatan dengan gratis. Bahkan, Kepala Dinas kesehatan Kota Solo Siti Wahyuningsih sempat berujar masyarakat jangan memiskinkan diri untuk mendapatkan kartu PKMS. Nah, menurut Anda, apakah program PKMS ini sudah benar-benar menjangkau warga yang membutuhkan?  Apakah PKMS ini sudah benar-benar tepat sasaran?

Sampaikan komentar Anda di Dinamika 103 edisi  Kamis  (21/7) mulai pukul 08.05-10.00. Komentar bisa Anda sampaikan melalui  telpon (0271) 739367 dan 739389 atau SMS di 081226103103 dan 01817444103 atau melalui akun facebook kami di Soloposfm Solo Surakarta maupun melalui website ini.  [SPFM /ary]

Leave a Reply

Kolom

GAGASAN
Pendidikan yang Memerdekakan

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (21/8/2017). Esai ini karya Mohamad Ali, Ketua Program Studi Pendidikan Agama Islam Universitas Muhammadiyah Surakarta dan pengasuh Perguruan Muhammadiyah Kota Barat, Solo. Alamat e-mail penulis adalah ma122@ums.ac.id. Solopos.com, SOLO–Memasuki umur 72 tahun kemerdekaan…