INTERIOR -- Penumpang duduk di dalam KA Madiun Jaya Express. KA baru untuk rute Madiun-Jogja PP ini menggunakan konfigurasi kursi 2-2 dan dilengkapi alat penyejuk udara. (JIBI/SOLOPOS/Agoes Rudianto) INTERIOR -- Penumpang duduk di dalam KA Madiun Jaya Express. KA baru untuk rute Madiun-Jogja PP ini menggunakan konfigurasi kursi 2-2 dan dilengkapi alat penyejuk udara. (JIBI/SOLOPOS/Agoes Rudianto)
Selasa, 21 Juni 2011 08:05 WIB Ekonomi Share :

Madiun Jaya Express, tawarkan kenyamanan baru di jalur Madiun-Jogja

Rangkaian kereta api (KA) berwarna biru ini menarik perhatian calon penumpang yang pada Senin (20/6) sore memenuhi Stasiun Balapan Solo. Si biru itu tampak asing. Apalagi warna biru kereta ini masih tampak baru. Saat melongok ke dalam, interior kereta juga terlihat lebih wah. Tempat duduk penumpang yang masing-masing terdiri dari dua kursi terasa empuk. Udara dingin AC langsung menyergap begitu memasuki gerbong. Benar-benar kereta api yang berkelas.

KERETA BARU -- Rangkaian KA Madiun Jaya Express terlihat di peron Stasiun Balapan, Solo. Kereta ini melayani jalur Madiun-Jogja PP. (JIBI/SOLOPOS/Agoes Rudianto)

Kereta inilah yang sebelumnya, Senin sekitar pukul 12.00 WIB diresmikan Wakil Menteri Perhubungan (Wamenhub), Bambang Susantono di Stasiun Madiun. Setelah diresmikan, kereta yang diberi nama KA Madiun Jaya Express tersebut menggantikan KA Madiun Jaya khusus perjalanan Senin kemarin. Si biru itu sampai di Stasiun Balapan Senin sore.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Solo, Yosca Herman Soedrajat, yang mencoba kereta anyar itu kemarin, mengakui KA Madiun Jaya Express lebih nyaman dibandingkan KA Madiun Jaya yang selama ini digunakan. “Kalau yang biasa kan tanpa AC, kereta ini dengan AC dan tempat duduknya juga nyaman. Tarifnya Rp 35.000/penumpang, sebanding dengan kenyamanan yang didapatkan penumpang,” ujar dia, kepada Espos, seusai naik KA Madiun Jaya Express.

Bagi seorang kepala Dishub, seperti Herman, keberadaan KA yang nyaman memberikan angin segar untuk mewujudkan upaya mengurangi kemacetan di jalan raya. Dengan adanya kereta baru ini, Herman berharap para pengguna jalan raya yang semula menggunakan kendaraan pribadi beralih memilih memakai kereta.
KA Madiun Jaya Express sendiri merupakan jenis kereta rel disel Indonesia (KRDI). Kereta ini merupakan hasil racang bangun industri dalam negeri, yakni PT Inka Madiun. KA Madiun Jaya Express melayani rute Madiun-Solo-Yogyakarta sejauh 160 kilometer (km).

INTERIOR -- Penumpang duduk di dalam KA Madiun Jaya Express. KA baru untuk rute Madiun-Jogja PP ini menggunakan konfigurasi kursi 2-2 dan dilengkapi alat penyejuk udara. (JIBI/SOLOPOS/Agoes Rudianto)

KA ini dibuat dengan pendanaan dari APBN 2010 untuk Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan. Kepala Humas PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daops VI Yogyakarta, Eko Budiyanto, mengatakan bersamaan dengan peresmiannya, KA Madiun Jaya Express sengaja digunakan untuk melayani penumpang KA Madiun Jaya pada Senin sore. Selanjutnya, KA baru ini akan diserahterimakan kepada PT KAI. Ke depan, Eko menerangkan, pihaknya akan menentukan jadwal keberangkatan KA agar tidak berbenturan dengan jadwal KA lain. “Jadi khusus hari ini saya KA Madiun Jaya Express jalan pada jadwal KA Madiun Jaya sore. Setelah itu istirahat dulu, sambil menunggu serah terima Departemen ke PT KAI,” ujar dia.

Lebih jauh, dijelaskan dia, KA Madiun Jaya Express dilengkapi pendingin ruangan, fasilitas toilet dua unit pada masing-masing kereta trailer bagi penumpang, dan susunan tempat duduk yang lebih ergonomis. Dengan berbagai kelebihan tersebut, penumpang dipastikan merasa nyaman selama perjalanan. Kapasitas KA ini mencapai 580 orang untuk penumpang duduk dan berdiri. Sedangkan untuk tarif dibanderol Rp 20.000/penumpang untuk perjalanan Solo-Jogja dan Rp 35.000/penumpang untuk Madiun-Jogja.

Tika Sekar Arum

lowongan kerja
lowongan kerja LKP Adam Mulia, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Iklan Baris
  • CITY Vtex’2000

    HONDA CITY Vtex’2000 Merah VR AC TP MsnBdy Ist64Jt085100051511…

  • Lowongan Sopir,Serabutan &ADM

    PENYALUR VARIASI Mobil Smrg Cr Kryw:Mau Krj,Bs Diprcaya,Sopir:SMA,SIMA 25-35Th,Srbtn:Pria SMA SIM C,2-25Th,Adm…

  • L300 PU’2008

    L300 PU’2008 Hitam,Pjk Gres,AD-Solo(80Jt Saja)Siap Kerja:784148…

  • KARIMUN GX’2005

    KARIMUN GX’2005 Htm,M/T,AD-Solo,PjkBr(70),LsgPkai:087735002228…

  • INNOVA G’2007

    INNOVA G’2007 Euro FulAudio VR Msn Bd Istw AD 132JtNg085100051511…

  • INNOVA G’2007

    INNOVA G’2007 Euro FulAudio VR Msn Bd Istw AD 132JtNg085100051511…

  • Lowongan Pengasuh Bayi

    BUKAN PENYALUR,Diutamakn Dr Daerah,Putri Max30th,Pengasuh Bayi Cewek 1Th Lbh&Kbersihan,Wjb TdrDlm DiSolo…

  • XENIA Li’2007

    XENIA Li’2007 Silver VR AC TP Msn Bd PjkBr Istw 82Jt085100051511…

Leave a Reply



PROMO SPESIAL
Pemikiran Karl Marx ( Cover Baru)
Dalam Bayang-Bayang Lenin [Cover Baru]
Dari Mao Ke Marcuse [Cover Baru]
WONDERFUL LIFE: THE NOVEL

Kolom

GAGASAN
Audit Menyeluruh Pelayanan Imunisasi

Gagasan Solopos, Kamis (30/6/2016), Giat Purwoatmodjo. Dosen di Program Studi Kesehatan Masyarakat Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Surakarta. Solopos.com, SOLO — Jajaran Badan Reserse Kriminal Markas Besar Kepolisian Republik Indonesia (Bareskrim Mabes Polri) menangkap 13 orang karena terlibat pembuatan dan…