Madiun Jaya Express, tawarkan kenyamanan baru di jalur Madiun-Jogja

INTERIOR -- Penumpang duduk di dalam KA Madiun Jaya Express. KA baru untuk rute Madiun-Jogja PP ini menggunakan konfigurasi kursi 2-2 dan dilengkapi alat penyejuk udara. (JIBI/SOLOPOS/Agoes Rudianto)INTERIOR -- Penumpang duduk di dalam KA Madiun Jaya Express. KA baru untuk rute Madiun-Jogja PP ini menggunakan konfigurasi kursi 2-2 dan dilengkapi alat penyejuk udara. (JIBI/SOLOPOS/Agoes Rudianto)

Rangkaian kereta api (KA) berwarna biru ini menarik perhatian calon penumpang yang pada Senin (20/6) sore memenuhi Stasiun Balapan Solo. Si biru itu tampak asing. Apalagi warna biru kereta ini masih tampak baru. Saat melongok ke dalam, interior kereta juga terlihat lebih wah. Tempat duduk penumpang yang masing-masing terdiri dari dua kursi terasa empuk. Udara dingin AC langsung menyergap begitu memasuki gerbong. Benar-benar kereta api yang berkelas.

Kereta inilah yang sebelumnya, Senin sekitar pukul 12.00 WIB diresmikan Wakil Menteri Perhubungan (Wamenhub), Bambang Susantono di Stasiun Madiun. Setelah diresmikan, kereta yang diberi nama KA Madiun Jaya Express tersebut menggantikan KA Madiun Jaya khusus perjalanan Senin kemarin. Si biru itu sampai di Stasiun Balapan Senin sore.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Solo, Yosca Herman Soedrajat, yang mencoba kereta anyar itu kemarin, mengakui KA Madiun Jaya Express lebih nyaman dibandingkan KA Madiun Jaya yang selama ini digunakan. “Kalau yang biasa kan tanpa AC, kereta ini dengan AC dan tempat duduknya juga nyaman. Tarifnya Rp 35.000/penumpang, sebanding dengan kenyamanan yang didapatkan penumpang,” ujar dia, kepada Espos, seusai naik KA Madiun Jaya Express.

Bagi seorang kepala Dishub, seperti Herman, keberadaan KA yang nyaman memberikan angin segar untuk mewujudkan upaya mengurangi kemacetan di jalan raya. Dengan adanya kereta baru ini, Herman berharap para pengguna jalan raya yang semula menggunakan kendaraan pribadi beralih memilih memakai kereta.
KA Madiun Jaya Express sendiri merupakan jenis kereta rel disel Indonesia (KRDI). Kereta ini merupakan hasil racang bangun industri dalam negeri, yakni PT Inka Madiun. KA Madiun Jaya Express melayani rute Madiun-Solo-Yogyakarta sejauh 160 kilometer (km).

KA ini dibuat dengan pendanaan dari APBN 2010 untuk Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan. Kepala Humas PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daops VI Yogyakarta, Eko Budiyanto, mengatakan bersamaan dengan peresmiannya, KA Madiun Jaya Express sengaja digunakan untuk melayani penumpang KA Madiun Jaya pada Senin sore. Selanjutnya, KA baru ini akan diserahterimakan kepada PT KAI. Ke depan, Eko menerangkan, pihaknya akan menentukan jadwal keberangkatan KA agar tidak berbenturan dengan jadwal KA lain. “Jadi khusus hari ini saya KA Madiun Jaya Express jalan pada jadwal KA Madiun Jaya sore. Setelah itu istirahat dulu, sambil menunggu serah terima Departemen ke PT KAI,” ujar dia.

Lebih jauh, dijelaskan dia, KA Madiun Jaya Express dilengkapi pendingin ruangan, fasilitas toilet dua unit pada masing-masing kereta trailer bagi penumpang, dan susunan tempat duduk yang lebih ergonomis. Dengan berbagai kelebihan tersebut, penumpang dipastikan merasa nyaman selama perjalanan. Kapasitas KA ini mencapai 580 orang untuk penumpang duduk dan berdiri. Sedangkan untuk tarif dibanderol Rp 20.000/penumpang untuk perjalanan Solo-Jogja dan Rp 35.000/penumpang untuk Madiun-Jogja.

Tika Sekar Arum

Editor: | dalam: Ekonomi |
Iklan Cespleng
Menarik Juga »