News
Sabtu, 11 Juni 2011 - 11:36 WIB

Jerman umumkan tauge sumber wabah bakteri E. coli

Redaksi Solopos.com  /  Tutut Indrawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - (reuters)

(reuters)

Berlin (Solopos.com)–Otoritas Jerman kini telah mengidentifikasi tauge yang ditanam secara lokal sebagai sumber wabah bakteri pembunuh E. coli yang telah menewaskan setidaknya 30 orang.

Advertisement

“Sumbernya tauge,” kata Reinhard Burger, kepala pusat pengendalian penyakit nasional Jerman, Robert Koch Institute pada konferensi pers mengenai wabah bakteri enterohaemorrhagic E. coli (EHEC) di Jerman utara.

“Orang-orang yang makan tauge ternyata sembilan kali lebih mungkin mengalami diare berdarah atau gejala-gejala lain infeksi EHEC dibandingkan mereka yang tidak makan tauge,” kata Burger seperti dilansir kantor berita AFP, Sabtu (11/6/2011).

Dikatakan Burger, meskipun hasil tes atas sayuran tauge dari sebuah perkebunan di Lower Saxony, Jerman utara terbukti negatif, namun investigasi epidemi mengenai pola wabah telah memberikan cukup bukti untuk menarik kesimpulan bahwa tauge merupakan sumber wabah.

Advertisement

Burger mengatakan, pihaknya kini mencabut larangan makan timun, tomat dan selada bagi masyarakat. Namun larangan memakan tauge tetap diberlakukan.

Wabah bakteri E. coli ini telah menyebabkan lebih dari 2.800 orang di setidaknya 14 negara jatuh sakit. Dalam kasus yang parah, bakteri itu bisa menyebabkan gagal ginjal dan kematian.

(detik.com/tiw)

Advertisement

Advertisement
Kata Kunci : Tauge Wabah E. Coli
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif