Pilkada
Kamis, 9 Juni 2011 - 17:11 WIB

Baru 6 parpol lolos verifikasi

Redaksi Solopos.com  /  R. Bambang Aris Sasangka  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Salatiga (Solopos.com) – Baru enam partai politik (parpol) yang dinyatakan lolos verifikasi oleh Badan Kesatuan Bangsa Politik dan Perlindungan Masyarakat (Bakesbangpollinmas) Kota Salatiga hingga Kamis (9/6). Sementara delapan parpol lain yang telah mengajukan verifikasi masih terkendala persyaratan yang belum lengkap.

Kepala Bidang Organisasi Politik Masyarakat dan Fungsional, Bakesbangpollinmas, Soewatno K, mengutarakan enam parpol yang lolos verifikasi yakni Partai Golkar, Partai Keadilan dan Persatuan Indoneisa (PKPI), Partai Demokrat, Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Advertisement

“PDIP menjadi satu-satunya partai besar yang justru belum mendaftar verifikasi,” terang Soewatno saat ditemui Espos di ruang kerjanya. Enam parpol yang belum lolos verifikasi salah satunya adalah parpol baru yakni Partai Nasdem. Di Salatiga, partai bentukan Surya Paloh ini dipimpin Bambang Riantoko, Bendahara Pengurus Wilayah NU Jateng. Selain itu, ada Partai Persatuan Daerah (PPD), Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Damai Sejahtera (PDS), Partai Demokrasi Kebangsaan (PDK), Partai Nasional Indonesia (PNI) Marhaen dan Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra).

Menurut Soewatno, persyaratan yang umumnya belum dilengkapi adalah menyangkut kepengurusan dan kesekretariatan. Seusai UU No 2/2011 tentang Partai Politik, kepengurusan di tingkat kabupaten/kota paling sedikit 50 persen dari jumlah kecamatan. Artinya, untuk bisa lolos verifikasi sebuah parpol di Salatiga harus memiliki kepengurusan minimal di dua kecamatan.

“Batas akhir verifikasi di tingkat kabupaten/kota adalah sampai 30 Juni 2011, selanjut di tingkat provinsi 30 Juli 2011 dan pusat 22 Agustus 2011. Kalau tidak lolos verifikasi tidak bisa mengikuti Pemilu 2014,” tuturnya. “Rencananya ada satu parpol baru selain Nasdem yang akan mendaftar yakni Nasrep, Nasional Republik yang dibentuk Tommy (Hutomo Mandala Putra-red. Sudah tanya kepada saya apa syaratnya, namun belum mendaftar,” katanya.

Advertisement

kha

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif