News
Senin, 30 Mei 2011 - 15:48 WIB

Pattiro: Sekolah belum transparan soal BOS

Redaksi Solopos.com  /  Nadhiroh  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi

Ilustrasi

Solo (Solopos.com)–Sekolah-sekolah di Solo dinilai belum transparan dalam pengelolaan Bantuan Operasional Sekolah (BOS) 2011. Hingga kini sekolah belum mempublikasikan Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (RKAS) di papan informasi sekolah.

Advertisement

Koordinator Program Pengembangan Sistem Integritas dan Proses Akuntabilitas dari Penggunaan Anggaran Pemerintah di Sektor Pendidikan, Pertanian dan Kesejahteraan Sosial, Pusat Telaah dan Informasi Regional (Pattiro) Solo, Andwi Joko, mengungkapkan selama empat bulan terakhir Pattiro Solo melakukan riset dan investigasi lapangan mengenai penyaluran dana BOS di Solo. Temuan pertama Pattiro adalah belum transparannya sekolah dalam pengelolaan BOS.

Sebagaimana tertuang dalam Undang-Undang Nomor 14/2008 tentang Keterbukaan Informasi, urainya, sekolah termasuk dalam kategori badan publik yang memiliki kewajiban untuk mempublikasikan anggaran yang dikelolanya, baik yang berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD), Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) dan swadaya masyarakat.

“Namun sampai saat ini sekolah masih tertutup dalam hal itu,” ujarnya saat jumpa pers di Rumah Makan Adem Ayem, Solo, Senin (30/5/2011).

Advertisement

(ewt)

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif