News
Selasa, 17 Mei 2011 - 12:06 WIB

Gempa Blitar tak pengaruhi aktivitas Semeru

Redaksi Solopos.com  /  Tutut Indrawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Lumajang (Solopos.com)–Satlak PB Kabupaten Lumajang menyatakan getaran gempa berkekuatan 6,1 SR di wilayah Blitar dan Malang, juga dirasakan warga di wilayah utara Kabupaten Lumajang. Terutama warga di 5 wilayah Kecamatan yakni Pasrujmbe, Senduro, Gucialit, Padang dan Kota Lumajang.

“Getaran gempanya tidak terlalu lama, hanya 10 sampai 20 detik saja. Getarannya tidak terlalu keras, namun cukup terasa, krena pagar rumah saja smapai bergoyang-goyang,” kata Sekretaris Satlak Penanggulangan Bencana (PB) Kabupaten Lumajang Drs Rochani saat dikonfirmasi, Selasa (17/5/2011).

Advertisement

Meski begitu gempa ini tidak sampai dirasakan warga yang bermukim di wilayah pesisir selatan Lumajang. “Dari pemantauan yang kami lakukan, wilayah pesisir tidak sampai merasakan getaran gempa ini,” jelasnya.

Untuk memantau lebih jauh dampak gempa, pihaknya telah menginstruksikan kepada seluruh perangkat Kecamatan guna memantau wilayahnya masing-masing. “Jika ada dampaknya, Kecamatan harus segera melapor ke Posko Satlak PB Kabupaten Lumajang,” sambungnya.

Sementara Liswanto, petugas vulkanologi setempat menyebutkan, gempa bumi tektonik ini terekam pada alat seismograf di Pos Pantau Semeru dengan amplitudo maksimum 33. “Gempa ini tidak berdampak terhadap aktivitas Semeru,” papar Liswanto.

Advertisement

Dari catatan pemantauan aktivitas Semeru hari ini, Liswanto menjelaskan, jika kondisi vulkanik masih pada level waspada.

“Hari ini Semeru secara visual tertutup kabut, Secara seismik masih normal. Dengan kegempaan 31 kali gempa hembusan dan 4 kali gempa tektonik jauh. Cuaca juga berpotensi hujan di puncak. Untuk itu, saya mengimbau agar masyarakat di bawah Semeru terus meningkatkan kewaspadaannya,” pungkas Liswanto.

(detik.com/tiw)

Advertisement

Advertisement
Kata Kunci : Gempa BLITAR Semeru
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif