News
Minggu, 3 April 2011 - 20:42 WIB

Anak Mbah Maridjan jadi juru kunci Merapi

Redaksi Solopos.com  /  Anik Sulistyawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Foto Antara

Jogja (Solopos.com) –– Putera ketiga Mbah Maridjan bernama Mas Bekel Anom Suraksosihono,44, menggantikan posisi ayahnya sebagai juru kunci Merapi. Kepada Mas Bekel, pihak Keraton Yogyakarta berharap tradisi labuhan Merapi tidak lagi dijadikan sebagai ajang komersial.

Advertisement

Mas Bekel Anom Suraksihono akan dikukuhkan sebagai juru kunci Merapi hari ini, Senin (4/4). Dalam pengukuhan tersebut, Asih demikian sapaan akrabnya akan naik gelar menjadi Mas Lurah.

GBPH Joyokusumo, Minggu (3/4), menjelaskan pemilihan juru kunci kali ini berbeda dari sebelumnya. Pemilihan dilakukan oleh tim dengan menyepakati beberapa aspek sebagai syarat juru kunci Merapi, yakni aspek keagamaan, kebudayaan, kekratonan dan kemasyarakatan.

Di samping itu tim juga melakukan koordinasi dengan Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kegunungapian (BPPTK) dan badan lain terkait gunung Merapi.

Advertisement

Dijelaskan Gusti Joyo, juru kunci kali ini akan memiliki kesatuan komunikasi dan koordinasi dengan pemerintah. Dari hasil seleksi tersebut ditetapkan Asih menggantikan ayahnya Maridjan sebagai juru kunci Merapi.

Asih mengaku siap menerima beban tugas sebagai juru kunci Merapi menggantikan ayahnya. Lelaki yang kesehariannya bekerja sebagai staf administrasi di Fakultas MIPA UII ini mengaku tidak asing dengan tanggungjawabnya sebagai seorang juru kunci. Dia mengaku siap menjalankan tugas sebagai juru kunci pada labuhan 2 Juli mendatang.

“Saya akan berusaha sebisa mungkin menjalankan amanah ini,” kata dia.

Advertisement

JIBI/Harian Jogja/aya

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif