Rabu, 30 Maret 2011 09:29 WIB Internasional Share :

50 Orang tewas dalam serangan di Tikrit

Baghdad (Solopos.com)–Lebih dari 50 orang tewas, termasuk 1 orang jurnalis freelance kantor berita reuters, dalam serangan brutal kelompok bersenjata di Tikrit, Irak. Tikrit adalah kampung halaman mantan diktator Irak Saddam Hussein.

Seperti dikutip dari reuters, Rabu (30/3/2011), serangan brutal itu dilakukan oleh sekelompok bersenjata ke sebuah gedung pemerintahan di Tikrit. Saat insiden terjadi, orang-orang tengah berada di gedung tersebut.

Puluhan orang tewas, termasuk Sabah al-Bazee ,30, wartawan yang telah menjadi kontributor bagi reuters sejak tahun 2004 dan media lainnya. Sepupunya, Mahmoud Salah, mengatakan, Bazee tewas akibat terkena ledakan.

Bazee telah menikah dan dikaruniai 3 anak. Ia berasal dari Provinsi Salahuddin, wilayah di sebelah utara Baghdad. “Atas nama seluruh tim, kami ingin mengucapkan kesedihan atas meninggalkan Sabah al-Bazee,” ucap Pemimpin Redaksi reuters, Stephen Adler.

“Almarhum adalah anggota yang terhormat di tim kami di Irak dan akan sangat dirindukan oleh rekan-rekannya. Tragedi ini menunjukkan risiko kerja yang dihadapi wartawan setiap hari di dalam pekerjaan mereka menyiarkan berita ke seluruh dunia,” lanjut Adler.

Koordinator Komite Perlindungan Jurnalis Timur Tengah dan Afrika Utara Mohamed Abdel Dayem mendesak agar pelaku penyerangan, yang sebagian mengenakan seragam tentara Irak, diadili, “Kami mendesak pemerintah Irak untuk melakukan yang terbaik dan membawa para pelaku kejahatan ini ke pengadilan,” kata Mohamed Abdel Dayem.

Sejak tahun 1992, tercatat 147 jurnalis, termasuk Bazee, tewas saat menjalankan tugas liputan di Irak. Di samping jurnalis, terdapat 54 orang yang bekerja di media massa juga dilaporkan tewas sepanjang rentang waktu 1992 hingga kini.

(dtc/tiw)

Loading...

Kolom

GAGASAN
Sapa Salah Seleh

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (17/11/2017). Esai ini karya Tito Setyo Budi, esais, sastrawan, dan budayawan yang tinggal di Sragen. Alamat e-mail penulis adalah titoesbudi@yahoo.com Solopos.com, SOLO–Ada pepatah tua dalam khazanah budaya Jawa, yaitu sapa salah seleh. Artinya,…