News
Selasa, 29 Maret 2011 - 09:38 WIB

Obama tegaskan serangan sekutu ke Libya sebagai misi kemanusiaan

Redaksi Solopos.com  /  Tutut Indrawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Washington (Solopos.com)–Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama angkat bicara mengenai serangan tentara sekutu ke Libya. Obama beralasan, agresinya dilakukan untuk menghentikan kebrutalan pasukan Muammar Khadafi terhadap warga sipil Libya.

“Untuk mengesampingkan tanggung jawab Amerika sebagai pemimpin dan lebih dalam lagi, tanggung jawab kami terhadap sesama manusia dalam keadaan seperti itu,” kata Obama dalam pidatonya di Washington DC seperti dikutip dari CNN, Selasa (29/3/2011).

Advertisement

Kebijakan Obama dalam menerjunkan pasukannya ke Libya mendapat kritikan baik dari Partai Demokrat maupun Republik. Mereka mempertanyakan tujuan misi, biaya, akhir peperangan dan konsekuensi bagi dunia Arab yang lebih luas.

Dalam pidatonya itu, Obama mengatakan ia telah memerintahkan kapal-kapal perang AS ke Mediterania karena tindakan represi brutal pemimpin Libya Moammar Khadafi terhadap rakyatnya dan oleh karena Libya tengah mengalami krisis kemanusiaan.

“Amerika memiliki kepentingan strategis yang penting dalam mencegah Khadafi dari orang-orang yang menentang dia,” kata Obama.

Advertisement

Dia juga menekankan bahwa transisi ke sebuah pemerintah yang sah di Libya adalah tugas bagi komunitas internasional, dan yang lebih penting, tugas bagi orang-orang Libya sendiri. Obama mengatakan pengalihan operasi militer dari AS ke komando NATO akan diadakan pada hari Rabu.

“Kalau kita mencoba untuk menggulingkan Khadafi dengan kekerasan, koalisi kami akan serpihan,” kata Obama seraya menambahkan jika sejarah tidak berpihak pada Khadafi

Presiden mengatakan bahwa kebijakan AS bertujuan untuk mengusir Khadafi. Namun, mandat dari koalisi militer hanya untuk menegakkan zona larangan terbang dan embargo senjata di Libya saat mengambil langkah-langkah lain yang diperlukan untuk melindungi warga sipil.

Advertisement

“Jika orang-orang Amerika pasti untuk tujuan militer kita di Libya, itu dengan tujuan baik,” kata Pemimpin Minoritas Senat Mitch McConnell, Kentucky R, Senin sore.

(dtc/tiw)

Advertisement
Kata Kunci : Libya Obama
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif