News
Senin, 28 Maret 2011 - 11:03 WIB

Pemegang tiket Mandala diminta sabar tunggu refund

Redaksi Solopos.com  /  Tutut Indrawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Jakarta (Solopos.com)–Para calon penumpang pemegang tiket Mandala Airlines diminta untuk tetap bersabar menunggu uangnya kembali. Karena dalam proses restrukturisasi, tak ada kreditur yang diistimewakan termasuk calon penumpang sekalipun.

Hal ini disampaikan oleh Pengurus Penundaan Kewajiban Pembayaran Utang (PKPU) Mandala, Duma Hutapea, Senin (28/3/2011). “Tak ada yang didahulukan dan diistimewakan karena semua sama posisinya. Jadi seperti itu tawarannya. Haruslah (sabar), nanti menyalahi pengadilan, semua harus menunggu prosedurnya,” tutur Duma.

Advertisement

Duma mengatakan, dalam rapat terakhir antara Mandala dengan para kreditur 24 Februari 2011 lalu, telah disahkan pengadilan soal kesepakatan proses restrukturisasi utang Mandala ke krediturnya.

“Ya memang benar laporan dari Mandala semua setuju konversi ke saham. Kita tahu dari voting, bahwa forum dipenuhi dan setujui konversi ke saham,” ujar Duma.

Seperti diketahui, jumlah utang Mandala Airlines mencapai Rp 2,45 triliun kepada kreditur konkuren yang jumlahnya ratusan, dan utang ke kreditur separatis yaitu Bank Victoria Rp 54,14 miliar.

Advertisement

Sebelumnya untuk menghindari likuidasi, secara garis besar Mandala mengajukan rencana perdamaian yang mencakup ketiga hal berikut:

1. Masuknya investor baru untuk menyuntikkan modal bagi perusahaan.
2. Pengajuan konversi sebagian besar utang kreditur konkuren menjadi saham.
3. Masuknya pengelola baru untuk memulai kembali operasi perusahaan.

Diberitakan sebelumnya, Mandala menghentikan sementara penerbangannya mulai Kamis, 13 Januari 2011 lalu akibat terlilit utang. Kabar tutupnya Mandala ini memang cukup mengejutkan mengingat sebelumnya telah mengumumkan berbagai rencana yang cukup mengesankan.

Advertisement

(dtc/tiw)

Advertisement
Kata Kunci : Mandala Refund
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif