Senin, 28 Maret 2011 22:40 WIB Klaten Share :

19 Jembatan di Klaten rusak

Klaten (Solopos.com)–Sebanyak 19 jembatan yang terdiri dari jembatan kabupaten dan jembatan desa di Klaten sudah tak lagi layak kondisinya. Bahkan, tiga diantaranya dinyatakan nyaris putus dan dinyatakan terlarang untuk dilintasi kendaraan.

Kabid Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Klaten, Abdul Mursyid menjelaskan, tiga jembatan kabupaten yang rusak parah tersebut ialah jembatan Panggil di Desa Sawit, Gantiwarno, jembatan Bunder di perbatasan antara Kecamatan Kemalang dengan Kecamatan Karangnongko, Klaten, dan jembatan Abang penghubung Desa Pajangan, Kecamatan Wonosari, dengan Desa Blimbing, Kecamatan Gatak, Sukoharjo.

“Untuk jembatan Panggil dan Jembatan Bunder akan dipebaiki tahun 2011 ini. Untuk jembatan Abang masih menanti koordinasi antara Pemkab Sukoharjo dengan Klaten,” katanya kepada Solopos.com, Senin (28/3/2011).

Dia melanjutkan, jembatan Panggil di Desa Sawit, Gantiwarno mengalami kerusakan parah berupa keretakan pada ujung dan pangkal jembatan. Selain itu, jembatan sepanjang 12 meter dengan lebar 3 meter itu mengalami penurunan hingga 1 meter dari kondisi semula sehingga membentuk sudut di tengahnya hingga nyaris ambrol.

Dari data yang dihimpun DPU, kata Mursyid, jumlah jembatan di Klaten mencapai 400-an buah. Jumlah tersebut terdiri dari jembatan kabupaten dan jembatan desa. Dan saat ini, ada 19 jembatan yang rusak. “Tiga di antaranya rusak parah, dan 16 jembatan lainnya mengalami kerusakan di sejumlah bagian konstruksinya,” paparnya.

asa

lowongan pekerjaan
SOCIAL KITCHEN, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Bersenang-Senang

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (13/11/2017). Esai ini karya Sholahuddin, Manajer Penelitian dan Pengembangan Harian Solopos. Alamat e-mail penulis adalah sholahuddin@solopos.co.id. Solopos.com, SOLO–Belakangan ini terjadi perubahan secara radikal pada lanskap ekonomi dan bisnis di Indonesia. Sektor bisnis konvensional…