Minggu, 27 Maret 2011 13:34 WIB Internasional Share :

Radiasi tinggi, pekerja reaktor 2 Fukushima dievakuasi

Osaka (Solopos.com)--Para pekerja dievakuasi sementara dari reaktor nomor 2 PLTN Fukushima Daiichi pada hari Minggu (27/3/2011) setelah radiasi sangat tinggi terdeteksi di air.

Hal ini dilaporkan Jiji Press dan dilansir AFP.  Sedangkan Reuters melaporkan, operator PLTN Fukushima Daiichi,  Tokyo Electric Power Co (Tepco), menyatakan, radiasi 10 juta kali lipat dari tingkat yang biasa terdeteksi dalam air yang terakumulasi pada rumah turbin reaktor nomor 2.

Seorang pejabat di Tepco mengatakan para pekerja meninggalkan rumah turbin reaktor tersebut untuk mencegah paparan radiasi.

Sementara BBC melaporkan, operator reaktor nuklir Fukushima dikritik tajam karena dinilai tidak transparan dalam menghadapi krisis kebocoran radiasi dan gagal melindungi pekerjanya.

Pemerintah Jepang mengatakan Perusahaan Listrik Tokyo (Tepco) harus bisa lebih benar dalam memberikan informasi. Badan atom Jepang juga menyatakan bahwa operator PLTN Fukushima telah melakukan beberapa kesalahan di antaranya seragam yang dipakai oleh para pekerjanya.

Badan Nuklir PBB, IAEA, telah mengirimkan tim tambahan ke reaktor Fukushima untuk mengatasi krisis kebocoran nuklir ini. Direktur IAEA, Yukiya Amano mengatakan kepada New York Times bahwa krisis ini bisa bertahan sampai berminggu-minggu, bahkan sampai berbulan-bulan.

(dtc/tiw)

Loading...

Kolom

GAGASAN
Karanganyar Makin Beradab

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (18/11/2017). Esai ini karya Imam Subkhan, Ketua RT 001/RW 019, Jaten, Karanganyar. Alamat e-mail penulis adalah imamsubkhan77@gmail.com.   Solopos.com, SOLO–Sepulang sekolah, anak mbarep saya, Nadhifa, yang sekarang duduk di kelas IV sekolah dasar di…