Sabtu, 26 Maret 2011 20:28 WIB News Share :

Saat listrik mati, sepeda statis akan menyalakan lampu 'Earth Hour'

Jakarta (Solopos.com) — Kampanye Earth Hour dengan mematikan listrik dan perangkat elektronik akan dimulai dari pukul 20.30 WIB sampai dengan 21.30 WIB. Selama listrik padam, di pusat perayaan Earth Hour di Balaikota Jakarta, akan dinyalakan lampu dengan sumber energi kinetik yakni sepeda statis.

Dalam susunan acara yang diterima detikcom di pusat perayaan Earth Hour, di depan Gedung Balaikota, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Sabtu (26/3/2011) malam, sepeda statis itu akan dikayuh oleh Duta Besar Earth Hour, tamu VVIP dan publik figur. Direncanakan, Gubernur DKI Fauzi Bowo juga akan ikut mengayuh sepeda tersebut.

Sebanyak 10 sepeda statis disediakan untuk menyalakan lampu yang akan menerangi tulisan ’60 + Earth Hour’. “Ini sebagai simbol energi baru terbarukan dan gaya hidup ramah lingkungan,” demikian pernyataan WWF Indonesia.

Sementara itu, sebelum dimulainya Earth Hour, Direktur CEO WWF Indonesia Efransyah, melepas iring-iringan sepeda yang akan menempuh rute Balaikota-Bundaran Hotel Indonesia, pulang pergi.

Ada lima titik simbol pemadaman listrik di Jakarta, yakni Monumen Nasional, Patung Kereta Kencana Arjuna Wiwaha (depan Indosat) dan air mancurnya, Bundaran HI, Patung Pemuda (Bundaran Senayan) dan air mancurnya, serta Balaikota dan gedung-gedung pemerintahan.

Sebanyak 86 perusahaan di kawasan Jl Sudirman, Jl MH Thamrin, Kuningan dan Semanggi, sudah menyatakan bersedia mematikan listrik. Sebagian warga Jakarta juga akan dibagikan lilin selama listrik padam.

detik.com

lowongan pekerjaan
Juara Karakter Indonesia, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Karanganyar Makin Beradab

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (18/11/2017). Esai ini karya Imam Subkhan, Ketua RT 001/RW 019, Jaten, Karanganyar. Alamat e-mail penulis adalah imamsubkhan77@gmail.com.   Solopos.com, SOLO–Sepulang sekolah, anak mbarep saya, Nadhifa, yang sekarang duduk di kelas IV sekolah dasar di…