Jumat, 25 Maret 2011 11:50 WIB Kesehatan Share :

Yoghurt cegah bau mulut

Jakarta (Solopos.com)–Memasuki akhir pekan, ada baiknya bersiap-siap , termasuk menjaga aroma mulut. Bau mulut bisa membuat orang tidak nyaman dan sangat mengganggu. Dengan makan beberapa jenis makanan ini bau tak sedap di mulut bisa dihindari. Apa saja makanan tersebut?

Bau mulut tak sedap sangat mengganggu terutama pada mereka yang sering berhadapan dengan banyak orang. Jika mau, ada cara mudah mengatasinya. Cukup dengan makan beberapa jenis makanan tertentu, seperti dilansir MSNHealth dan diberitakan detikFood, Jumat (25/3/2011). Inilah cara praktis yang bisa dilakukan, dijamin bau tak sedap lenyap dari mulut.

1. Kunyah Rempah Segar
Sayuran herbal seperti daun mint, rosemary, daun ketumbar bisa membantu mengurangi bau mulut tak sedap. “Anda bisa langsung mengunyahnya atau menjadikannya teh herbal dan bisa diminum setiap hari,” ujar Dr. Christine Gerbstadt, salah seorang dokter yang mengajar bidang kesehatan mulut.

2. Makan Yoghurt
Sebuah penelitian membuktikan bahwa satu porsi yoghurt setiap hari dapat mengurangi bau mulut tak sedap. Karena bakteri baik dalam yoghurt membantu mengurangi penyakit gusi dan plak dalam mulut yang menjadi penyebab bau mulut tak sedap. Pilih yoghurt berkualitas baik, dan usahakan yang tawar tanpa perasa dan pemanis agar mendapatkan hasil yang maksimal.

3. Makanan Berserat
Makanan renyah dan berserat seperti sayuran dan buah-buahan adalah makanan yang baik agar mulut tetap aktif. Juga meningkatkan produksi air liur dan menjaga kelembaban mulut. Karbohidrat dan protein biasanya masih tersisa di gigi, apel yang renyah sebagai pencuci mulut bisa membersihkan sisa-sisa makanan ini. Gigi bersih dan bau mulutpun lenyap.

4. Permen
Kini sudah banyak dijual permen yang sekaligus bisa menghilangkan bau mulut tak sedap. Permen mint salah satunya. Namun, saat membeli pastikan juga kandungan gula dalam permen tersebut cukup rendah agar tidak membuat gigi jadi rusak.

5. Vitamin C
Makanan yang mengandung vitamin C, seperti jeruk, strawberry, dan semua buah yang memiliki rasa yang asam akan membuat pertumbuhan tidak nyaman buat bakteri. Selain itu, vitamin C juga mencegah terjadinya penyakit gusi dan radang gusi penyebab utama bau mulut tak sedap atau halitosis.

(dtc/tiw)

lowongan pekerjaan
PT. PERINTIS KARYA SENTOSA, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Sapa Salah Seleh

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (17/11/2017). Esai ini karya Tito Setyo Budi, esais, sastrawan, dan budayawan yang tinggal di Sragen. Alamat e-mail penulis adalah titoesbudi@yahoo.com Solopos.com, SOLO–Ada pepatah tua dalam khazanah budaya Jawa, yaitu sapa salah seleh. Artinya,…