Jumat, 25 Maret 2011 22:34 WIB Wonogiri Share :

Utang katering dibebankan pada pejabat lama

Wonogiri (Solopos.com)--Utang Pemkab pada dua perusahaan katering pada 2008 dan 2010 lalu yang totalnya mencapai Rp 183 juta bakal dibebankan kepada eks pejabat terkait kala itu. Hal ini sudah menjadi keputusan rapat internal Pemkab belum lama ini.

Plt Sekretaris Daerah (Sekda) Wonogiri, Sutanto Djosowiyatmo mengatakan hal tersebut , Jumat (25/3/2011). Sutanto mengungkapkan karena sudah dipertanggungjawabkan dalam laporan keuangan di tahun anggaran yang bersangkutan, yang artinya Pemkab sudah mengeluarkan anggaran sesuai peruntukan, Pemkab menilai utang itu sudah bukan lagi tanggung jawab Pemkab.

“Hal ini kemarin sudah dirapatkan dengan Bupati dan pejabat terkait lainnya. Hasilnya, disepakati utang itu harus diselesaikan oleh pejabat lama di unit kerja yang bersangkutan antara tahun 2007-2010. Pasalnya, dialah yang bertanggung jawab atas penggunaan uang itu,” jelas Sutanto, tanpa mau menyebut nama eks pejabat dimaksud.

Sutanto menambahkan Pemkab tidak peduli apakah utang itu akan dibayar dengan cara diangsur atau dilunasi sekaligus, yang jelas tidak bisa menggunakan uang APBD karena tidak ada anggaran untuk itu. Sedangkan mengenai ke mana larinya anggaran untuk pembayaran katering itu pada 2008 dan 2010 lalu, Sutanto mengatakan tidak akan ada upaya melacak.

“Bagi kami, prinsipnya, siapa yang bertanggung jawab atas penggunaan uang itu pada saat acara itu berlangsung ya dia yang harus menyelesaikan,” tegas Sutanto.

Sebagaimana diinformasikan, dua perusahaan katering langganan Pemkab mengeluh karena tagihan mereka tidak dibayar. Padahal tahun anggaran kegiatan di mana mereka menyediakan jasa katering sudah berlalu.

shs

lowongan pekerjaan
Bengkel Bubut, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Karanganyar Makin Beradab

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (18/11/2017). Esai ini karya Imam Subkhan, Ketua RT 001/RW 019, Jaten, Karanganyar. Alamat e-mail penulis adalah imamsubkhan77@gmail.com.   Solopos.com, SOLO–Sepulang sekolah, anak mbarep saya, Nadhifa, yang sekarang duduk di kelas IV sekolah dasar di…