Jumat, 25 Maret 2011 17:26 WIB Solo Share :

Tinggi, capaian CDR TB di Solo

Solo (Solopos.com)--Capaian Case Detection Rate (CDR) atau tingkat pelacakan kasus penderita Tuberkulosis (TB) di Kota Solo terbilang tinggi. Pada tahun 2010 lalu, angka pencapaian CDR TB sebesar 78,6% dengan jumlah kasus sekitar 480 penderita TB dan tingkat kesembuhan mencapai 100%.

Sementara itu, hingga bulan Maret 2011 tercatat sudah ada 51 penderita TB yang ditangani Dinas Kesehatan Kota (DKK) Solo.

Demikian penjelasan Kepala DKK Solo, Siti Wahyuningsih ihwal penanganan terhadap penderita TB di wilayah Solo, Jumat (25/3/2011).

Siti mengemukakan tingginya capaian CDR tersebut dilihat berdasarkan jumlah penderita TB yang berhasil ditemukan dan berhasil ditangani dibandingkan target capaian CDR dalam setahun.

“Dalam satu tahun capaian CDR TB di Solo ini ditarget sekitar 561 penderita TB, sementara tahun 2010 lalu tercapai 78,6%-nya, atau sekitar 480 penderita TB,” papar Siti didampingi Kepala Bidang (Kabid) Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2PL) DKK Solo, Titiek Kadarsih, saat ditemui seusai mengikuti kegiatan Jalan Sehat Bersama Askes  dalam rangka memperingati Hari Kanker Sedunia dan Hari Tuberculosis Sedunia di Kompleks Balaikota Solo.

Lebih lanjut Siti menyebutkan penanganan terhadap penderita TB hingga saat ini dilakukan secara intensif melalui Puskesmas. Setiap ada salah satu anggota keluarga yang saat diperiksa di Puskesmas diketahui positif terkena TB, pengawasan segera dilakukan secara menyeluruh terhadap semua anggota keluarga lainnya.

sry

lowongan pekerjaan
garment, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Sapa Salah Seleh

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (17/11/2017). Esai ini karya Tito Setyo Budi, esais, sastrawan, dan budayawan yang tinggal di Sragen. Alamat e-mail penulis adalah titoesbudi@yahoo.com Solopos.com, SOLO–Ada pepatah tua dalam khazanah budaya Jawa, yaitu sapa salah seleh. Artinya,…