Rabu, 23 Maret 2011 06:16 WIB Pendidikan Share :

Sekolah diminta galakkan kegiatan kewirausahaan

Solo (Solopos.com)--Sekolah-sekolah di Solo, terutama SMK, diminta menggalakkan kegiatan kewirausahaan secara nyata. Tujuannya agar para siswa lebih siap menjadi pengusaha.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Solo, Rakhmat Sutomo, saat memberikan sambutan dalam kegiatan Ceremony Award Pilot Project SMKN 4 EnterpreneurshipLab<I> di aula SMKN 4 Solo, Selasa (22/3/2011).

Menurut Rakhmat, ada beberapa hal yang harus dimiliki seseorang untuk menjadi wirausaha sukses. Yaitu rasa senang, feeling, iman, perencanaan di masa mendatang dan keuangan sebagai modal. “Kegiatan wirausaha harus terus dikembangkan. Jika perlu modal untuk dipinjamkan kepada siswa, tidak ada salahnya jika sekolah mengajukan ke komite sekolah untuk mendapatkan modal,” ungkapnya.

Namun Rakhmat mengakui, bagi siswa berketurunan Jawa, ada kendala ketika akan menjadi wirausaha. Hal ini berawal dari keinginan orangtua agar anaknya menjadi pekerja kantor. Oleh karena itu ia sangat mendukung kegiatan kewirausahaan yang dijalankan di SMKN 4 Solo.

Kepala SMKN 4 Solo, Sugiyarto, menjelaskan kegiatan ceremony award dimaksudkan untuk memberikan motivasi kepada siswa yang telah mengikuti pilot project enterpreneurship sejak Juli 2010-Maret 2011. Selama periode itu, siswa diberi modal Rp 500.000/kelompok untuk dikembangkan dalam kegiatan wirausaha. Sebelumnya siswa diberikan teori dan didampingi dalam melakukan kegiatan kewirausahaan.

ewt

Loading...

Kolom

GAGASAN
Karanganyar Makin Beradab

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (18/11/2017). Esai ini karya Imam Subkhan, Ketua RT 001/RW 019, Jaten, Karanganyar. Alamat e-mail penulis adalah imamsubkhan77@gmail.com.   Solopos.com, SOLO–Sepulang sekolah, anak mbarep saya, Nadhifa, yang sekarang duduk di kelas IV sekolah dasar di…