News
Rabu, 23 Maret 2011 - 06:16 WIB

Sekolah diminta galakkan kegiatan kewirausahaan

Redaksi Solopos.com  /  Anik Sulistyawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solo (Solopos.com)--Sekolah-sekolah di Solo, terutama SMK, diminta menggalakkan kegiatan kewirausahaan secara nyata. Tujuannya agar para siswa lebih siap menjadi pengusaha.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Solo, Rakhmat Sutomo, saat memberikan sambutan dalam kegiatan Ceremony Award Pilot Project SMKN 4 EnterpreneurshipLab<I> di aula SMKN 4 Solo, Selasa (22/3/2011).

Advertisement

Menurut Rakhmat, ada beberapa hal yang harus dimiliki seseorang untuk menjadi wirausaha sukses. Yaitu rasa senang, feeling, iman, perencanaan di masa mendatang dan keuangan sebagai modal. “Kegiatan wirausaha harus terus dikembangkan. Jika perlu modal untuk dipinjamkan kepada siswa, tidak ada salahnya jika sekolah mengajukan ke komite sekolah untuk mendapatkan modal,” ungkapnya.

Namun Rakhmat mengakui, bagi siswa berketurunan Jawa, ada kendala ketika akan menjadi wirausaha. Hal ini berawal dari keinginan orangtua agar anaknya menjadi pekerja kantor. Oleh karena itu ia sangat mendukung kegiatan kewirausahaan yang dijalankan di SMKN 4 Solo.

Kepala SMKN 4 Solo, Sugiyarto, menjelaskan kegiatan ceremony award dimaksudkan untuk memberikan motivasi kepada siswa yang telah mengikuti pilot project enterpreneurship sejak Juli 2010-Maret 2011. Selama periode itu, siswa diberi modal Rp 500.000/kelompok untuk dikembangkan dalam kegiatan wirausaha. Sebelumnya siswa diberikan teori dan didampingi dalam melakukan kegiatan kewirausahaan.

Advertisement

ewt

Advertisement
Advertisement
Kata Kunci : Kewirausahaan Sekolah
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif