News
Rabu, 23 Maret 2011 - 20:19 WIB

Pendaftaran ditutup, 100 orang daftar Hakim Agung

Redaksi Solopos.com  /  Anik Sulistyawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Jakarta –– 100 orang secara resmi mendaftar sebagai calon hakim agung ke Komisi Yudisial (KY). Namun daftar tersebut masih bisa bertambah karena belum semua pendaftaran yang menggunakan surat pos sampai ke KY.

“Hingga penutupan sore ini pukul 17.00 WIB, jumlah pendaftar sebanyak 100 orang. Tapi masih ada potensi bertambah karena bisa jadi pendaftar via pos tercatat yang selambat-lambatnya hari ini. Sampai KY kemungkinan besok atau lusa,” kata Jubir KY, Asep Rahmat Fajar dalam pesan pendeknya kepada detikcom, Rabu, (23/3/2011).

Advertisement

Dari 100 orang tersebut, 49 hakim karir dicalonkan Mahkamah Agung (MA), 1 hakim karier dicalonkan MA oleh masyarakat dan 50 calon hakim agung non karir yang dicalonkan pemerintah dan masyarakat.

“Hari ini, MA mengajukan 2 nama sehingga dari 47 menjadi 49 calon,” tambahnya.

Seperti diketahui, saat ini MA membutuhkan 10 orang hakim agung. Dengan bertambahnya 10 hakim agung ini maka total hakim agung menjadi 60 orang. Salah satu dari 100 calon tersebut yaitu anggota DPR dari PDIP Gayus Lumbuun yang dicalonkan oleh Universitas Krisna Dwipayana dan Universitas Indonesia.

Advertisement

“Dalam waktu 1 pekan ke depan para calon dapat melengkapi berkas. Hasil seleksi adsministrasi akan diumumkan 1 April 2011,” tandas Asep.

detik.com

Advertisement
Advertisement
Kata Kunci : Hakim Agung Pendaftaran
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif