Rabu, 23 Maret 2011 12:50 WIB News Share :

Menlu
Tidak ada WNI terkontaminasi radiasi Jepang

Jakarta (Solopos.com)–Krisis nuklir di Jepang membuat negara-negara termasuk Indonesia was-was. Namun pemerintah RI memastikan, hingga saat ini, tidak ada WNI di Jepang yang terkontaminasi radiasi.

“Tidak (ada yang terkontaminasi), semua masih aman,” kata Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa di JCC, Senayan, Jakarta, Rabu (23/3/2011).

Sebelumnya sempat beredar kabar ada WNI yang terkontaminasi radiasi di Jepang. Marty mengatakan, hingga saat ini sudah 196 WNI dievakuasi dari Jepang. Mereka diterbangkan dalam empat atau lima kali gelombang. “Yang sudah dievakuasi 196 orang,” kata pria dendy ini.

Sementara itu Kepala Badan Pengawas Teknologi Nuklir (Bapeten) As Natio Lasman mengatakan, hingga saat ini belum ada laporan ada WNI yang terkena radiasi akibat meledaknya PLTN Fukushima Daiichi. “Baik yang di Jepang maupun yang tiba di sini, tidak ditemukan adanya kontaminasi radioaktif,” katanya.

As mengatakan, jika seseorang terbukti terkontaminasi, tentu akan dilakukan langkah-langkah medis untuk mengeluarkan partikel radioaktif tersebut. “Tim kesehatan pasti akan menangani itu,” katanya.

Sebelumnya kekhawatiran ada WNI terkontaminasi radiasi terus muncul karena sejumlah WNI berada di zona tidak aman yang ditetapkan Pemerintah Jepang. Namun Pemerintah RI telah mengevakuasi WNI hingga jarak 50 km dari PLTN Fukushima Daiichi ke Tokyo. Pemerintah RI memastikan seluruh WNI yang dievakuasi dari Fukushima aman dan tidak ada yang terkontaminasi radiasi.

(dtc/tiw)

lowongan pekerjaan
Juara Karakter Indonesia, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Karanganyar Makin Beradab

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (18/11/2017). Esai ini karya Imam Subkhan, Ketua RT 001/RW 019, Jaten, Karanganyar. Alamat e-mail penulis adalah imamsubkhan77@gmail.com.   Solopos.com, SOLO–Sepulang sekolah, anak mbarep saya, Nadhifa, yang sekarang duduk di kelas IV sekolah dasar di…