Sabtu, 19 Maret 2011 19:02 WIB News Share :

Jangan lupa tonton fenomena langka Supermoon malam ini!

Jakarta (Solopos.com)– Apa acara Anda malam ini? Jika tidak ingin ke mana-mana, mungkin yang satu ini bisa menjadi pilihan. Kebetulan bakal ada supermoon alias penampakan bulan purnama lebih besar dari biasanya.

“Fenomena ini terjadi 18 tahun sekali, bulan tampak sekitar 14 persen lebih besar,” kata Kepala Bidang Matahari dan Antariksa Bachatiar Anwar saat berbincang dengan detikcom, Sabtu (19/3/2011).

Bachtiar mengatakan, fenomena supermoon ini merupakan fenomena di mana posisi bulan berada di jarak terdekat dengan bumi. Jarak terdekat itu diperkirakan terjadi setelah tengah malam ini.

“Bulan akan berada di titik terdekatnya dengan bumi (perigee),” kata Bachtiar.

Menurut Bachtiar, fenomena supermoon ini juga akan menyebabkan air pasang yang lebih tinggi dari purnama-purnama yang biasa. Jika didukung dengan angin yang tinggi pula, air pasang akan lebih besar sehingga bisa saja meluap.

“Kalau angin cukup besar ya air pasang akan semakin tinggi karena akan ada gelombang. Selain itu, Supermoon ini tidak akan berdampak lain,” kata Bachtiar.

detik.com

lowongan pekerjaan
PT. TUMBAKMAS NIAGASAKTI, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Sapa Salah Seleh

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (17/11/2017). Esai ini karya Tito Setyo Budi, esais, sastrawan, dan budayawan yang tinggal di Sragen. Alamat e-mail penulis adalah titoesbudi@yahoo.com Solopos.com, SOLO–Ada pepatah tua dalam khazanah budaya Jawa, yaitu sapa salah seleh. Artinya,…