Sabtu, 19 Maret 2011 09:00 WIB Kesehatan Share :

Empat cara mudah cegah kanker payudara

Jakarta (Solopos.com)–Kanker payudara merupakan kanker terbanyak kedua yang menyerang perempuan setelah kanker mulut rahim di Indonesia. Setidaknya ada empat cara mudah menghindari kanker yang menyerang aset kewanitaan ini.

Penderita kanker payudara setiap tahun semakin meningkat. Berdasarkan data dari International Agencies for Research on CancerĀ  (IARC) tahun 2005, kasus baru di Indonesia sekitar 26 per 100.000 perempuan setiap tahun, dan sebagian besar dalam keadaan stadium lanjut.

Berikut empat cara mudah untuk mencegah kanker payudara, seperti dilansir Healthmad, Sabtu (19/3/2011), yaitu:

1. Mengontrol berat badan
Sel lemak memproduksi estrogen, yang dapat menjadi ‘bahan bakar’ untuk menumbuhkan sel-sel kanker. Jadi menjaga berat badan tetap proporsional tidak hanya senagai suatu hal yang estetis, tetapi juga demi kesehatan.

2. Olahraga minimal 30 menit per hari
Bergerak minimal 30 menit setiap hari membantu menjaga berat badan, dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Jangan lupa untuk mengontrol kadar hormon tetap seimbang.

3. Menyusui
Terutama bagi wanita yang memiliki bayi, cobalah untuk menyediakan minimal enam bulan ASI eksklusif. Metode ini ampuh mengurangi risiko kanker payudara sampai dengan 60 persen.

4. Tidak minum alkohol
Jika Anda mencintai alkohol, batasi diri sendiri untuk mengurangi minum alkohol, tapi lebih baik jika tidak sama sekali. Alkohol dengan zat lain dalam tubuh bisa menjadi sel-sel yang merusak dan memicu kanker.

Menurut laporan American Institute for Cancer Research, jika wanita melakukan empat cara mudah diatas, maka jumlah penderita kanker payudara dapat berkurang hingga 40 persen.

(dtc/tiw)

lowongan pekerjaan
induktorindo, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Generasi Milenial dan Politik

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa (14/11/2017). Esai ini karya Lukmono Suryo Nagoro, editor buku yang tinggal di Kota Solo. Alamat e-mail penulis adalah lukmono.sn@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Baru-baru ini lembaga think tank yang bermarkas di Tanah Abang, Jakarta, Centre for…