Jumat, 18 Maret 2011 23:58 WIB Klaten Share :

Sejumlah sekolah terjadi kekosongan guru

Klaten (Solopos.com)–Mutasi para guru di lingkungan Dinas Pendidikan (Disdik) Klaten membuat sejumlah sekolah terjadi kekosongan para pengajar. Kondisi tersebut sangat disayangkan lantaran saat ini para siswa juga tengah bersiap menghadapi Ujian Nasional (UN) dan Ujian Akhir Sekolah (UAS).

Ketua Komisi IV DPRD Klaten, Yoga Hardaya mengaku telah menerima keluhan dari sejumlah guru terkait mutasi di lingkungan Disdik tersebut. Pasalnya, selain dinilai kurang tepat momentumnya, mutasi 79 guru tersebut juga terkesan dipaksakan. “Kenapa mutasi justru menimbulkan kekosongan guru. Padahal, saat ini para siswa akan menempuh ujian,” katanya kepada <I>Espos<I> di ruang kerjanya, Jumat (18/3/2011).

Sejumlah sekolah yang saat ini terjadi kekosongan pengajar, kata Yoga, ialah sekolah-sekolah yang berada di Kecamatan Kalikotes, Gantiwarno, serta Jatinom. Kondisi tersebut dinilai akan berdampak pada psikologis para siswanya karena harus memulai adaptasi baru lagi. “Mutasi untuk perputaran itu sebenarnya wajar. Tapi, kenyataannya menimbulkan masalah di lapangan. Kasihan para siswanya,” paparnya.

Terkait itulah, pihaknya meminta kepada Badan Kepegawaian Daerah (BKD) untuk lekas mengisi kekosongan pengajar di sejumlah sekolah saat ini. Bahkan, tegasnya, sebelum ujian sekolah dimulai para siswa harus kembali mendapatkan pengajarnya.

Wakil Ketua Komisi IV DPRD Klaten, Nurcholis Madjid juga menyatakan hal serupa. Menurutnya, mutasi yang dilakukan BKD tersebut terkesan dipaksakan. Sebab, waktu mutasi dinilai kurang tepat dan berdampak pada para siswa. “Kenapa mutasi mesti dilakukan menjelang ujian sekolah. Apa tidak bisa setelah masa ujian sekolah,” terangnya.

asa

lowongan pekerjaan
Bengkel Bubut, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Karanganyar Makin Beradab

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (18/11/2017). Esai ini karya Imam Subkhan, Ketua RT 001/RW 019, Jaten, Karanganyar. Alamat e-mail penulis adalah imamsubkhan77@gmail.com.   Solopos.com, SOLO–Sepulang sekolah, anak mbarep saya, Nadhifa, yang sekarang duduk di kelas IV sekolah dasar di…