Jumat, 18 Maret 2011 16:44 WIB Sukoharjo Share :

Antisipasi kecurangan, Disdik pantau pengisian rapor

Sukoharjo (Solopos.com) — Dinas Pendidikan (Disdik) Sukoharjo mengawasi pengisian nilai rapor bagi siswa di seluruh sekolah negeri maupun swasta di Kota Makmur. Pengawasan itu dilakukan untuk mengantisipasi pengubahan nilai rapor oleh guru atau pihak sekolah menjelang pelaksanaan ujian nasional (UN).

Kabid SMP, SMA, dan SMK Disdik Sukoharjo, Dwi Atmojo Heri kepada wartawan, Kamis (17/3/2011) mengatakan, kecurangan dengan mengubah nilai rapor mungkin saja dilakukan menjelang UN. Pasalnya, penentuan kelulusan siswa tahun ini, tak hanya memertimbangkan hasil UN, namun juga nilai rapor pada semester III, semester IV, dan semester V untuk tingkat SMA/SMK dan nilai rapor semester I, semester II, semester III, semester IV, semester IV, dan semester V untuk tingkat SMP.

“Kalau memang ada guru yang sengaja mengubah nilai rapor siswa akan dikenai sanksi tegas. Maka, Disdik mengantisipasi terjadinya pelanggaran itu,” terang Heri.

Pengubahan nilai rapor, lanjut Heri, bisa ditelusuri dengan menilik buku induk sekolah. Di samping itu, setiap sekolah wajib menyetor nilai rapor secara online ke Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Jawa Tengah. Oleh karena itu, nilai rapor siswa mudah dipantau.

(hkt)

lowongan pekerjaan
Juara Karakter Indonesia, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Karanganyar Makin Beradab

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (18/11/2017). Esai ini karya Imam Subkhan, Ketua RT 001/RW 019, Jaten, Karanganyar. Alamat e-mail penulis adalah imamsubkhan77@gmail.com.   Solopos.com, SOLO–Sepulang sekolah, anak mbarep saya, Nadhifa, yang sekarang duduk di kelas IV sekolah dasar di…