Jumat, 18 Maret 2011 10:08 WIB News Share :

33 WNI di Jepang kembali dievakuasi

Jakarta (Solopos.com) — 33 pekerja wanita WNI pada pabrik pengolahan makanan Kawamura di Kesennuma yang dievakuasi Tim Relief III KBRI Tokyo telah tiba di Sekolah RI Tokyo (SRIT) setelah menempuh perjalanan sekitar 10 jam.

Dalam siarannya, Jumat (18/3/2011), Sekretaris III KBRI Tokyo Jane Runkat mengatakan Tim Relief IV KBRI Tokyo berangkat ke Kesennuma untuk evakuasi sekitar 38 ABK WNI yang selamat.

Kesennuma berjarak 500 km dari Tokyo. Daerah ini adalah wilayah paling parah terkena dampak tsunami Jumat pekan lalu, sementara pabrik Kawamura yang adalah tempat bekerja 33 WNI telah hancur diterjang tsunami.  Mereka kini hanya mengenakan pakaian yang melekat di badan sejak empat hari lalu, dan mereka tidak membawa barang apapun, termasuk dokumen penting.

Sejak tsunami menerjang, mereka berada di pengungsian hanya dengan seragam dan sepatu “boots” pabrik. Pengaturan evakuasi atau kepulangan 33 WNI ini ke Jakarta selanjutnya akan dibahas KBRI Tokyo dengan wakil perusahaan tempat para WNI bekerja.

(Ant/try)

lowongan pekerjaan
sales, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Sapa Salah Seleh

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (17/11/2017). Esai ini karya Tito Setyo Budi, esais, sastrawan, dan budayawan yang tinggal di Sragen. Alamat e-mail penulis adalah titoesbudi@yahoo.com Solopos.com, SOLO–Ada pepatah tua dalam khazanah budaya Jawa, yaitu sapa salah seleh. Artinya,…