Kamis, 17 Maret 2011 13:16 WIB Ekonomi Share :

Pabrik otomotif Jepang kembali beroperasi

Jakarta (Solopos.com)–Dihantui pemadaman listrik bergilir dan ancaman radiasi nuklir, industri otomotif Jepang memutuskan untuk membuka sebagian pabriknya. Seperti yang dilakukan tiga raksasa industri otomotif Jepang yakni Toyota, Nissan dan Mitsubishi.

Toyota sudah membuka pabrik yang membuat suku cadang pengganti pada 17 Maret 2011. Hal ini dimaksudkan untuk menjaga kelangsungan suku cadang bagi mobil-mobil yang sudah beredar di pasaran.

Namun pabrik yang memproduksi mobil baru tetap ditutup sampai 22 Maret 2011. “Kami belum memutuskan kapan pabrik akan kembali beroperasi,” tulis Toyota di situs resminya, Kamis (17/3/2011).

Seperti halnya Toyota, Nissan juga baru membuka sebagian pabriknya. Pabrik yang sudah mulai berjalan Kamis ini adalah pabrik Kyushu, Nissan Shatai Kyushu. Pabrik ini akan beroperasi setidaknya sampai Sabtu 19 Maret tergantung stok suku cadang.

Sementara untuk pabrik Oppama, Tochigi, Yokohama, Nissan Shatai tetap ditutup sampai 20 Maret 2011.

Oppama merupakan pabrik tempat Nissan membangun mobil listrik Nissan Leaf. Hal ini membuat Nissan semakin keteteran dalam mengirimkan Leaf ke luar negeri khususnya AS. Padahal banyak konsumen di AS yang sudah menunggu kehadiran mobil ini.

Menjelang tsunami, sekitar 600 unit Nissan Leaf berhasil dikirim ke AS lewat jalur pelabuhan.

Sementara untuk Indonesia Nissan masih memiliki stok mobil yang cukup sehingga tidak akan mengganggu kelancaran distribusi mobil untuk konsumen di Maret 2011.

Namun stok tersebut sampai Maret saja, sementara untuk April Nissan mengakui stok mereka masih belum jelas. “Di bulan Maret no problemo, tapi di bulan April saya harap Jepang bisa kembali pulih,” ujar Presdir PT Nissan Motor Indonesia Takayuki Kimura.

Sementara Mitsubishi sudah membuka kembali pabriknya pada 16 Maret kemarin. Untuk operasional pada 18 Maret dan seterusnya akan dilakukan dengan melihat situasi yang terjadi di Jepang.

Mitsubishi memiliki pabrik di 3 lokasi :
1. Prefektur Aichi (Nagoya Plant)
2. Prefektur Okayama (Mizushima Plant)
3. Prefektur Gifu (Pajero Manufacturing Co., Ltd.)

(dtc/tiw)

lowongan pekerjaan
induktorindo, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Generasi Milenial dan Politik

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa (14/11/2017). Esai ini karya Lukmono Suryo Nagoro, editor buku yang tinggal di Kota Solo. Alamat e-mail penulis adalah lukmono.sn@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Baru-baru ini lembaga think tank yang bermarkas di Tanah Abang, Jakarta, Centre for…