Kamis, 17 Maret 2011 18:34 WIB Pendidikan Share :

14.280 Siswa Solo berhak mendaftar PPDB siswa miskin

Solo (Solopos.com)–Sebanyak 14.280 siswa di Kota Solo berhak mengikuti Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) siswa miskin yang pendaftarannya diundur. Jika awalnya pendaftaran direncanakan mulai 21 Maret-2 April, akhirnya diundur mulai 23 Maret-2 April 2011.

Kasi Kurikulum Bidang Pendidikan Menengah Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Solo, Budi Setiono, menjelaskan angka 14.280, meliputi siswa SD/MI penerima Bantuan Pendidikan Masyarakat Kota Surakarta (BPMKS) Gold sebanyak 8.156 siswa dan BPMKS Platinum sebanyak 55 siswa, serta siswa SMP penerima BPMKS Gold sebanyak 5.721 siswa dan penerima BPMKS Platinum sebanyak 348 siswa.  “Hal ini karena salah satu syarat pendaftar PPDB siswa miskin adalah penerima BPMKS Gold dan Platinum,” jelasnya saat ditemui wartawan di ruang kerjanya, Kamis (17/3).

Namun demikian Budi menegaskan dari 14.280 siswa itu, akan dilihat dulu prestasinya. Jika memenuhi syarat, baru akan diterima. Misalnya bagi siswa SD yang akan mendaftar ke tingkat SMP, nilai rata-rata rapor kelas IV, V dan VI minimal 6,5. Demikian halnya siswa SMP, nilai rapor semester I-V, minimal 6,5.  Kuotanya 10% untuk warga Solo, 10% untuk warga dari luar Solo.

Sekolah berstatus Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI) dan sekolah negeri wajib mengikuti program PPDB siswa miskin. “Bagi siswa yang mau mendaftar, harus melampirkan fotokopi rapor, surat keterangan kepemilikan kartu BPMKS dan surat rekomendasi dari sekolah. Jadi sifat pendaftaran adalah antarlembaga,” jelasnya.

(ewt)

lowongan pekerjaan
PT. PERINTIS KARYA SENTOSA, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Generasi Milenial dan Politik

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa (14/11/2017). Esai ini karya Lukmono Suryo Nagoro, editor buku yang tinggal di Kota Solo. Alamat e-mail penulis adalah lukmono.sn@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Baru-baru ini lembaga think tank yang bermarkas di Tanah Abang, Jakarta, Centre for…