google.image
Rabu, 16 Maret 2011 17:08 WIB News Share :

Petani gagal panen dapat BLT Rp 2,6 juta mulai April

google.image

Jakarta (Solopos.com) — Pemerintah siap merealisasikan program pemberian ‘Bantuan Langsung Tunai’ (BLT) sebesar Rp 2,6 juta per hektare untuk petani yang gagal panen mulai April 2011. Pemerintah kini sedang menuntaskan penyusunan petunjuk teknis (Juknis) program tersebut.

“Yang jelas draf-nya sudah siap tinggal nanti ada penerbitan, ya ini apakah dari Permentan modelnya atau dalam bentuk lain apa gitu. Ini yang sekarang lagi dirapatkan lagi,” ujar Menteri Pertanian Suswono saat ditemui di Hotel Borobudur Jakarta, Rabu (16/3/2011).

Seperti diketahui, pemerintah berencana untuk untuk memberi dana pengganti lahan puso senilai Rp 2,6 juta per hektar, dengan syarat puso minimal 75% dari total lahan.

Suswono yakin program tersebut pada akhir bulan ini siap direalisasikan, terutama sehubungan dengan adanya panen raya.

“Ya, pokoknya karena kan itu langsung pengamanan hasil. April ini kan masih panen raya, jadi untuk pengamanan hasil itu. Kita harapkan mudah-mudahan bisa diterapkan,” ujarnya.

Berdasarkan data Kementerian Pertanian, selama 5 tahun belakangan luas lahan yang terkena puso hanya berkisar 100 ribu hektare.

“Sehingga kalau kita lihat data yang sebelumnya dan itu mencapai 100 ribu (ha), toh hanya Rp 260 miliar untuk memberikan satu jaminan petani tetap bergairah untuk menanam kembali,” tutupnya.

detik.com

Loading...

Kolom

GAGASAN
Karanganyar Makin Beradab

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (18/11/2017). Esai ini karya Imam Subkhan, Ketua RT 001/RW 019, Jaten, Karanganyar. Alamat e-mail penulis adalah imamsubkhan77@gmail.com.   Solopos.com, SOLO–Sepulang sekolah, anak mbarep saya, Nadhifa, yang sekarang duduk di kelas IV sekolah dasar di…