Soloraya
Selasa, 15 Maret 2011 - 20:40 WIB

Tanggul tebing Kali Pepe ambrol

Redaksi Solopos.com  /  Anik Sulistyawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solo (Solopos.com)–Tanggul Kali Pepe di wilayah RT 2/ RW II Banyuanyar, Sabtu (12/3/2011), ambrol diterjang aliran sungai. Berdasarkan pantauan Solopos.com, panjang area longsor sekitar 50 meter dengan ketinggian tujuh meter.

Ambrolnya tanggul berpotensi membahayakan SDII Al Abidin yang terletak cukup dekat dengan lokasi longsor. Salah seorang warga sekitar, Warsito, 35, saat ditemui Solopos.com di sekitar tanggul, Selasa (15/3/2011), mengatakan peristiwa tersebut akibat hujan deras yang mengguyur daerah itu sejak Kamis (10/3/2011). Tanda-tanda keretakan tanggul mulai terlihat Sabtu pagi.

Advertisement

“Saat itu, keretakan masih sekitar lima meter dengan ketinggian satu meter. Pada siang hari, keretakan menjalar hingga 20 meter dengan tinggi satu meter. Puncak longsor terjadi pada Sabtu sore sekitar pukul 06.00 WIB,” terangnya.

Menurut Warsito, tanggul tersebut dibangun Yayasan Al Abidin beberapa tahun lalu. Pejabat Humas SDII Al Abidin, Khanifudin, mengatakan belum mendapat arahan dari yayasan ihwal ambrolnya tanggul tersebut. “Saat ini kami masih menunggu kebijakan dari yayasan,” katanya.

Menurut Khanifudin, tanggul itu dibangun dengan dana hasil swadaya yayasan dua tahun lalu. Dulu, yayasan mengajukan pembangunan tanggul kepada Pemkot Solo, tapi tidak kunjung ada kepastian.

Advertisement

m99

Advertisement
Advertisement
Kata Kunci : Jebol Kali Pepe Talut
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif