Soloraya
Selasa, 15 Maret 2011 - 23:09 WIB

Pertengahan tahun, pemugaran Pura Mangkunegaran tahap II dilakukan

Redaksi Solopos.com  /  Anik Sulistyawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solo (Solopos.com)–Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala (BP3) Jawa Tengah (Jateng) memerkirakan proyek pemugaran tahap kedua Pura Mangkunegaran baru bisa terlaksana sekitar bulan Juni-Juli.
Kepala BP3 Jateng, Tri Hatmadji, kepada Espos, Selasa (15/3/2011), mengatakan saat ini BP3 Jateng masih menyelesaikan administrasi pemugaran.

Renovasi kemungkinan baru dimulai pertengahan tahun karena Pura Mangkunegaran masih akan menggelar acara seni budaya pada bulan Juni.
“Proses pemugaran kali ini memakan waktu lebih lama. Jadi kami putuskan untuk menunggu sampai acara tersebut selesai,” ungkapnya.

Advertisement

Tri Hatmadji memaparkan pemugaran kali ini masih difokuskan pada bangunan pendapa. Pemugaran direncanakan menyentuh candi ratna serta bangunan bekas markas tentara kavaleri sisi timur. “Kami berkoordinasi dengan Pemkot Solo ihwal penataan landscape Pura Mangkunegaran. Terkait renovasi Pendapa, sudah tersedia dana Rp 10 miliar dari pemerintah pusat,” katanya.

Pengageng Kabupaten Mandrapura Pura Mangkunegaran, Supriyanto Waluyo, mengatakan belum mendapat informasi dari BP3 Jateng maupun Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata (Kemenbudpar) ihwal kelanjutan proses pemugaran. Kerabat Mangkunegaran selama ini hanya bisa menunggu.

“Renovasi kemarin belum mencapai 50% dari total kerusakan. Pemugaran akan diproritaskan pada atap dan tiang penyangga. Setelah itu terlaksana, baru pemugaran akan menjamah sisi luar pendapa,” tuturnya.

Advertisement

m99

Advertisement
Advertisement
Kata Kunci : Mangkunegaran Pemugaran
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif