Selasa, 15 Maret 2011 17:23 WIB Karanganyar Share :

Antisipasi antraks, hewan ternak di Gondangrejo diperiksa

Karanganyar (Solopos.com)–Ratusan hewan ternak di Desa Krendowahono, Kecamatan Gondangrejo, Karanganyar diperiksa kesehatannya, Selasa (15/3/2011). Hal itu dilakukan guna antisipasi penyakit antraks.

Pemeriksaan hewan ternak dilakukan di delapan titik di desa setempat. Dalam kesempatan itu, Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakkan) Kabupaten Karanganyar menggendeng Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnak Keswan) Jateng. Hewan ternak yang diperiksa yakni sapi dan kambing. Selain menyuntikkan obat antibiotik dan vitamin, petugas juga mengecek kondisi kandungan sapi betina yang tengah bunting.

Kepala Disnakkan Karanganyar, Muhammad Hatta yang datang ke lokasi pemeriksaan mengatakan, pemberian vitamin tersebut sangat berguna untuk kekebalan binatang. “Kalau kesehatan ternaknya terjaga, kan bisa mengantisipasi wabah penyakit. Apalagi di Gondangrejo ini adalah kawasan perbatasan antara Sragen, yang dulu pernah ada kejadian luar biasa (KLB) antraks,” ujar Hatta kepada wartawan di Krendowahono.

Beberapa petugas paramedik dari Disnak Keswan Jateng juga memeriksa ternak bunting. “Ini untuk mengantisipasi banyaknya sapi yang gagal bunting, sebab banyak pemilik ternak yang belum mengetahui ternaknya siap untuk kawin atau tidak,” ujar salah satu paramedis Disnak Keswan Jateng, Kustiyanto.

Sementara salah satu warga setempat yang beternak sapi, Suparti, 50, mengatakan, sudah lama sapi yang ia pelihara itu tidak mendapatkan pemeriksaan kesehatan. “Kebetulan, sapi yang saya bawa ini lagi bunting. Makanya saya periksakan untuk mendapatkan vitamin,” kata Suparti.

(fas)

lowongan pekerjaan
Toko Cat Warna Abadi (WAWAWA), informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Karanganyar Makin Beradab

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (18/11/2017). Esai ini karya Imam Subkhan, Ketua RT 001/RW 019, Jaten, Karanganyar. Alamat e-mail penulis adalah imamsubkhan77@gmail.com.   Solopos.com, SOLO–Sepulang sekolah, anak mbarep saya, Nadhifa, yang sekarang duduk di kelas IV sekolah dasar di…