News
Senin, 28 Februari 2011 - 14:15 WIB

TNI AD berangkatkan tim peneliti ekspedisi Bukit Barisan

Redaksi Solopos.com  /  Triyono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Jakarta (Solopos.com) — TNI AD memberangkatan tim Ekspedisi Bukit Barisan. Tim yang merupakan gabungan peneliti, pendaki gunung dan TNI AD ini bertujuan meneliti dan mengumpulkan sampel kekayaan flora dan fauna di areal Pegunungan Bukit Barisan, Sumatera.

“Tim ini akan melakukan pendataan flora fauna dan keanekaragaman hayati di Bukit Barisan. Harus kita akui selama ini belum terdata dengan baik,” ujar Wakasad Letjen TNI Suryo Prabowo saat upacara pemberangkatan di Mabes TNI AD, Jl Veteran, Jakpus, Senin (28/2/2011).

Advertisement

Para peneliti juga akan meneliti masalah sosial di sekitar Pegunungan Bukit Barisan. Mencari tahu akar permasalahan kerusakan lingkungan di daerah tersebut. Ada juga peneliti arkeologi yang akan melacak jejak-jejak sejarah di sana. Selain itu penelitian potensi bencana juga dilakukan.

“Kalau TNI hanya mengawal. Memberikan rasa aman bagi para peneliti. Termasuk mengakomodir keinginan para peneliti, misalnya ada yang membutuhkan helikopter untuk mengambil sampel,” terang Suryo.

Para peneliti berasal dari LIPI, ITB, UI, Undip dan UGM. Selain itu dilibatkan juga organisasi pecinta alam Wanadri dan PMI. Sedangkan personel TNI yang dilibatkan berasal dari Kopassus dan Kostrad sejumlah 447 orang. Total ada 762 orang yang ikut ekspedisi selama enam bulan ini.

Advertisement

Tim ekspedisi akan melakukan penjelajahan di Gunung Leuser, Aceh, Sinabung di Sumut, Singgalang di Sumbar, Kerinci di Jambi, Seublat di Bengkulu, Dempo di Sulsel, dan Tanggamus di Lampung. Diharapkan data-data lengkap soal Bukit Barisan akan memperkaya ilmu pengetahuan di Indonesia. “Nanti data hasil ekspedisi ini akan diserahkan pada pemerintah,” jelas jenderal berbintang tiga ini.

(dtc/try)

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif