Senin, 28 Februari 2011 18:43 WIB Solo Share :

Koleksi pohon di Taman Balekambang mencapai 77 jenis

Solo (Solopos.com)–Koleksi pohon di Taman Balekambang kini mencapai 77 jenis dengan jumlah total sekitar 2.000 pohon.  Jumlah tersebut terdiri dari pohon lama dan pohon hasil sumbangan dari masyarakat.

Hasil tersebut diperoleh dari pendataan yang dilakukan oleh mahasiswa yang sedang mengikuti Program Pengenalan Lapangan (PPL) di Taman Balekambang di awal bulan Februari 2011. Menurut Kepala UPTD Taman Balekambang, Endang Sri Murniyati, dari data tersebut direncanakan dibuat labelling atau pemberian label nama di setiap jenis pohon. “Di Taman Balekambang banyak pohon langka. Sehingga labelling bermanfaat memberikan pengetahuan tentang nama latin sebuah pohon dan jenisnya sebagai sarana edukasi kepada pengunjung,” ungkapnya saat dijumpai di ruang kerjanya, Senin (28/2/2011).

Ia menambahkan, saat ini rencana tersebut belum bisa dilaksanakan karena keterbatasan dana. Dana dari APBD tahun 2011 untuk Taman Balekambang hanya sekitar Rp 700 juta yang diprioritaskan untuk pembangunan tembok pagar yang pernah roboh dan Taman Reptil. Ia berencana mengajak pihak ketiga untuk bekerjasama dalam rencana tersebut, karena pembuatan satu buah label dianggarkan Rp 20.000.

(m91)

Loading...

Kolom

GAGASAN
Karanganyar Makin Beradab

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (18/11/2017). Esai ini karya Imam Subkhan, Ketua RT 001/RW 019, Jaten, Karanganyar. Alamat e-mail penulis adalah imamsubkhan77@gmail.com.   Solopos.com, SOLO–Sepulang sekolah, anak mbarep saya, Nadhifa, yang sekarang duduk di kelas IV sekolah dasar di…