Senin, 28 Februari 2011 11:44 WIB Solo Share :

Dispertan Solo mulai dropping disinfektan

Solo (Solopos.com) — Dinas Pertanian (Dispertan) Kota Solo mulai mendistribusikan disinfektan di Pasar Ayam Semanggi, Senin (28/2/2011). Menurut rencana pendistribusian itu akan dilakukan selama tujuh hari ke depan dengan jumlah disinfektan sebanyak satu liter per hari.

Demikian penjelasan Kepala Dispertan Kota Solo, Weni Ekayanti, ketika ditemui wartawan seusai mengikuti rapat antar satuan kerja perangkat daerah (SKPD) di Balaikota Solo. “Langkah ini sebagai antisipasi terhadap sejumlah kasus penyakit avian influenza (AI) yang terjadi di beberapa wilayah, termasuk yang terjadi di Kota Solo pekan lalu,” ungkap Weni

Selain pendistribusian disinfektan untuk penyemprotan, pihaknya juga bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Kota (DKK) setempat dalam rangka sosialisasi dan penyuluhan kepada masyarakat. Terutama agar masyarakat senantiasa menerapkan pola hidup bersih dan sehat (PHBS).

Di sisi lain, meskipun hasil pengambilan sampel tanah dan organ dari wilayah Boyolali diketahui negatif, Dispertan tetap mengantisipasi penyebaran penyakit antraks dengan vaksinasi terhadap hewan-hewan ternak di Solo, terutama di wilayah yang banyak hewan ternaknya.

“Misalnya di Mojosongo, kami akan melakukan vaksinasi hewan-hewan ternak, seperti kambing dan sapi, kecuali hewan yang sedang bunting dan yang masih pedhet (anak sapi-red),” terangnya.

(sry)

lowongan pekerjaan
garment, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Sapa Salah Seleh

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (17/11/2017). Esai ini karya Tito Setyo Budi, esais, sastrawan, dan budayawan yang tinggal di Sragen. Alamat e-mail penulis adalah titoesbudi@yahoo.com Solopos.com, SOLO–Ada pepatah tua dalam khazanah budaya Jawa, yaitu sapa salah seleh. Artinya,…