Minggu, 27 Februari 2011 09:47 WIB Kesehatan Share :

Perempuan yang sering migrain punya bakat gemuk

Solopos.com — Waspadai jika mempunyai anak perempuan yang sering migrain di usia dini. Kelak ketika tumbuh dewasa, anak itu cenderung lebih gemuk dibandingkan teman sebayanya. Penelitian membuktikan, migrain erat hubungannya dengan kegemukan pada wanita.

Diduga, migrain atau sakit kepala sebelah dapat memicu perubahan pola makan pada anak perempuan. Perubahan itu terjadi karena migrain biasanya disertai juga dengan gejala mual dan muntah, yang sesudah itu akan segera diikuti dengan rasa lapar.

Makin sering anak perempuan mengalami migrain, pola makan juga akan makin terpengaruh dalam arti menjadi lebih banyak makan. Lama kelamaan, anak lebih rentan menjadi gemuk karena pola makan berbeda dengan anak perempuan yang tidak atau lebih jarang mengalami migrain.

Dugaan ini dibuktikan dalam penelitian Michelle A Williams dari University of Washington. Penelitian itu menyimpulkan, empat dari 10 orang remaja putri berusia 18 tahun yang sering mengalami migrain mempunyai berat badan rata-rata 10 kg lebih berat dibanding remaja lainnya.

Selain membuktikan migrain mempengaruhi risiko kegemukan, penelitian juga mengungkap hal yang sebaliknya yakni kegemukan juga berpengaruh terhadap migrain. Buktinya, migrain menyerang satu dari empat penderita obesitas sedang pada wanita normal hanya menyerang satu dari 6 orang.

“Dibanding wanita berberat badan normal, migrain lebih sering menyerang wanita yang mengalami obesitas,” ujar Williams dalam laporannya di jurnal Headache baru-baru ini, seperti dikutip dari Reuters, Minggu (27/2/2011).

Hubungan antara migrain dan kegemukan juga pernah diteliti sebelumnya pada tahun 2009. Ketika itu disimpulkan, migrain pada anak perempuan lebih cepat sembuh jika pengobatan yang diberikan disertai juga dengan diet atau program menurunkan berat badan.

(dtc/try)

Loading...

Kolom

GAGASAN
Sapa Salah Seleh

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (17/11/2017). Esai ini karya Tito Setyo Budi, esais, sastrawan, dan budayawan yang tinggal di Sragen. Alamat e-mail penulis adalah titoesbudi@yahoo.com Solopos.com, SOLO–Ada pepatah tua dalam khazanah budaya Jawa, yaitu sapa salah seleh. Artinya,…