Minggu, 27 Februari 2011 14:35 WIB News Share :

Kemenkeu fokus periksa 15 berkas WP Gayus

Jakarta (Solopos.com) -– Tim gabungan yang dibentuk Kementerian Keuangan (Kemenkeu) akan fokus pada 15 berkas dari 151 berkas wajib pajak (WP) yang disebut-sebut terkait kasus Gayus Tambunan.

Hal tersebut diungkapkan Inspektur Jenderal Kemenkeu Sonny V Loho. “Untuk semerntara 15 berkas dulu yang akan diperiksa. Itu bukan dilihat dari yang paling besar, tapi yang masalahnya perlu dibereskan dulu. Kita kira-kira proses keberatan dan banding ada yang tidak benar,” ungkap Sonny di kantor Kemenkeu, akhir pekan ini.

Pada 14 Februari lalu, Menteri Keuangan Agus Martowardojo membentuk tim gabungan untuk memeriksa 151 berkas WP yang disebut-sebut terkait Gayus. Tim terdiri dari sekitar 40 orang yaitu 11 orang dari Itjen Kemenkeu, 12 orang dari Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP), serta 17 orang dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Tim independen ini, lanjutnya, tak hanya bertugas melakukan klarifikasi pihak-pihak yang benar-benar terlibat dalam kasus mafia pajak tersebut. Namun juga pada praktik perpajakan. “Kita akan melihat semuanya, kalau KPK kan ingin melihat ada unsur kerugian atau tidak. Itjen inginnya juga beresin sistem dan orang-orang kita, siapa yang tidak benar,” tuturnya.

Sonny mengaku sedikit kewalahan memeriksa ratusan berkas tersebut, terlebih dengan jumlah personil dan waktu pemeriksaan yang hanya enam bulan. “Kita minta pemeriksaannya bertahap, soalnya orangnya juga terbatas,” pungkasnya.

(Inilah.com/try)

Loading...

Kolom

GAGASAN
Karanganyar Makin Beradab

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (18/11/2017). Esai ini karya Imam Subkhan, Ketua RT 001/RW 019, Jaten, Karanganyar. Alamat e-mail penulis adalah imamsubkhan77@gmail.com.   Solopos.com, SOLO–Sepulang sekolah, anak mbarep saya, Nadhifa, yang sekarang duduk di kelas IV sekolah dasar di…