News
Sabtu, 26 Februari 2011 - 10:57 WIB

SMAN 1 Gemolong adakan lokakarya jurnalistik

Redaksi Solopos.com  /  Tutut Indrawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Sragen (Solopos.com)–SMAN 1 Gemolong, Sragen mengadakan Lokakarya Jurnalistik di aula sekolah setempat, Sabtu (26/2/2011). Kegiatan bertajuk SOLOPOS Goes to School ini merupakan kerja sama antara SMAN 1 Gemolong dengan Harian Umum SOLOPOS.

Ketua pelaksana, Rendi Arwi Saputro, dalam sambutannya menjelaskan kegiatan tersebut bertujuan mengembangkan bakat dan minat siswa dalam bidang jurnalistik. “Rencananya ke depan akan dbuat majalah sekolah,” ujarnya.

Advertisement

Senada, Kepala SMAN 1 Gemolong, Drs Muhammad Amir Zubaidi, berharap kegiatan itu akan memberikan pemahaman kepada siswa untuk mengenal apa dan bagaimana jurnalistik. Ia juga berpesan agar siswa memiliki visi hidup yang jelas dan memiliki bekal keterampilan. “Jadikan kegiatan ini sebagai awal pembangunan karakter. Hanya orang berkarakter yang akan berhasil,” jelasnya.

Dalam pemaparannya, Manajer Lembaga Pelatihan Jurnalistik SOLOPOS (LPJS), Niken Pupy Satyawati, menguraikan secara sederhana berita adalah laporan seorang wartawan atau jurnalis mengenai sebuah fakta. Di sekeliling manusia ada banyak fakta. “Fakta akan menjadi berita jika sudah dilaporkan seorang wartawan. Berita adalah konstruksi sebuah fakta,” terangnya.

Kegiatan ini juga dimeriahkan dengan penampilan Teater Brastomolo yang menyuguhkan cerita tentang beberapa karakter siswa dan bagaimana akhir perjalanan siswa tersebut.

Advertisement

(ewt)

Advertisement
Advertisement
Kata Kunci : SMAN 1 Gemolong
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif