Jumat, 25 Februari 2011 11:13 WIB Kesehatan Share :

Tomat tumpas kanker prostat

Jakarta (Solopos.com)–Khusus bagi pria, ada cara mudah menangkal kanker prostat. Selalu menyingkirkan potongan tomat dalam sandwich atau salad? Ubah kebiasaan tersebut dari sekarang. Dengan memakan sayuran ini setiap hari, Anda bakal terhindar dari kanker prostat!

Buah yang berwarna merah cantik ini cukup mudah dijumpai. Rasanya asam-asam segar, tidak hanya enak dijadikan campuran salad, tapi juga bisa dijadikan minuman dingin yang enak. Kandungan vitamin C dalam tomat juga sangat tinggi, juga lycopen yang ada di dalamnya berfungsi sebagai anti-oksidan.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan di The University of Illinois, seperti diberitakan detikFood, Kamis (24/2/2011) ditemukan kalau tomat dapat menurunkan resiko terkena kanker prostat. “Para ilmuwan meyakini kalau pigmen karotenoid yang memberikan warna merah, kuning, dan oranye untuk beberapa buah dan sayur bisa mencegah penyakit kanker. Tak terkecuali pada buah tomat,” ujar John W. Erdman, salah seroang peneliti di The University of Illinois.

Lycopene, yang memberikan warna merah pada tomat adalah salah satu multivitamin yang tengah jadi primadona. Fungsinya beragam, mulai dari menjaga keremajaan kulit, sebagai anti-oksidan yang menjaga tubuh dari bahaya radikal bebas. “Selain lycopene, di dalam tomat juga terdapat dua jenis karotenoid yang tidak terlalu banyak diperhatikan. Yaitu phytoene dan phytofluene, yang fungsinya tidak jauh berbeda dengan lycopene.” terang Nancy Engelmann, salah satu peneliti.

Meskipun manfaat mengkonsumsi tomat tidak bisa dirasakan secara langsung, namun dengan mengkonsumsinya secara teratur setiap hari akan mendatangkan manfaat jangka panjang, salah satunya adalah mencegah resiko kanker prostat pada pria. Mulai sekarang pastikan tomat selalu ada dalam daftar menu sehari-hari. Kebutuhan vitamin A, vitamin C terpenuhi dan bebas pula dari kanker prostat.

dtc/tiw

Loading...

Kolom

GAGASAN
Karanganyar Makin Beradab

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (18/11/2017). Esai ini karya Imam Subkhan, Ketua RT 001/RW 019, Jaten, Karanganyar. Alamat e-mail penulis adalah imamsubkhan77@gmail.com.   Solopos.com, SOLO–Sepulang sekolah, anak mbarep saya, Nadhifa, yang sekarang duduk di kelas IV sekolah dasar di…