Kamis, 24 Februari 2011 02:30 WIB Boyolali Share :

Kambing berkelamin ganda lahir di Boyolali

Boyolali (SOLOPOS.com)--Anak kambing atau cempe milik Ngadi, 45, warga Dukuh/Desa Mojolegi, Kecamatan Teras, Boyolali ini terlihat seperti cempe pada umumnya. Tidak hal-hal yang berbeda dengan cempe lainnya. Tubuhnya yang kecil tampak lincah.

Bahkan, saat berada di kandang, cempe ini juga layaknya anak hewan yang ingin selalu bermain. Namun dibalik tubuh yang normal itu, ternyata cempe berbulu putih dan hitam ini memiliki kelainan, yakni memiliki kelamin ganda, jantan dan betina.

Meski berkelamin ganda, namun saat buang air, keluar dari alat kelamin betina yang ada di belakang, di bawah lubang anus.
Salah seorang putra Ngadi, Kusnan, 14, mengatakan cempe itu lahir pada pagi hari. Saat induknya bunting, perutnya cukup besar, sehingga diperkirakan akan lahir lebih dari seekor.

“Tetapi saat lahir ternyata cuma satu ekor,” ujarnya kepada wartawan, Rabu (23/2).

Menurut Kusnan, induk cempe itu dibeli di Pasar Pengging, Banyudono, menjelang Idul Kurban tahun lalu. Kambing itu sengaja dibeli karena melihat postur tubuh yang sehat. Kambing itu, juga melahirkan kali pertama.

Menurut Kusnan, saat melahirkan, cempe itu ternyata memiliki kelainan. Selain kelamin betina, ternyata cempe itu juga memiliki zakar. Posisinya persis seperti kondisi kambing jantan.

Sementara, Ketua RT 02/02 Dukuh/Desa Mojolegi Haryanto mengatakan kondisi cempe berbulu putih dan hitam itu pun sehat dan normal.

“Cuma keanehannya memiliki kelamin ganda itu. Tetapi kalau kencing sedikit-sedikit keluar melalui alat kelamin betina,” kata Haryanto.

fid

lowongan pekerjaan
induktorindo, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Sapa Salah Seleh

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (17/11/2017). Esai ini karya Tito Setyo Budi, esais, sastrawan, dan budayawan yang tinggal di Sragen. Alamat e-mail penulis adalah titoesbudi@yahoo.com Solopos.com, SOLO–Ada pepatah tua dalam khazanah budaya Jawa, yaitu sapa salah seleh. Artinya,…