Kamis, 24 Februari 2011 18:44 WIB Solo Share :

Antisipasi AI, 17 Puskesmas di Solo disiagakan

Solo (Solopos.com)–Sebanyak 17 Puskesmas yang tersebar di wilayah Kota Solo disiagakan untuk mengantisipasi kemungkinan penularan virus avian influenza (AI) atau flu burung dari unggas kepada manusia.

Meski demikian, Dinas Kesehatan Kota (DKK) Solo memastikan, virus H5N1 belum menyerang manusia. Karena hingga saat ini belum ada ditemukan kasus influenza-like illness pada warga. Sekretaris Dinas Kesehatan Kota (DKK) Solo, Yanti Winoh Lantisah, didampingi Kepala Bidang (Kabid) Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2PL), Titiek Kadarsih, memastikan hingga Kamis (24/2/2011), kasus penyakit flu burung tidak sampai menular pada manusia.

Dengan demikian, pihaknya mengimbau masyarakat agar tidak panik.  “Untuk mengantisipasi kami mengadakan penyuluhan kepada masyarakat, terutama untuk senantiasa menerapkan PHBS di lingkungan tempat tinggal masing-masing,” ujar Yanti ketika ditemui wartawan di ruang kerjanya, Kamis.

Titiek menambahkan tim di Puskesmas juga senantiasa siap dalam melayani masyarakat. Persediaan obat tamiflu di masing-masing Puskesmas juga dipastikan aman. Seperti diberitakan Kamis, kasus kematian unggas akibat avian influenza (AI) atau flu burung terjadi di wilayah Kota Solo. Sebanyak delapan ekor ayam dari sebelas ekor ayam peliharaan Rian, warga Kelurahan Kerten RT 1/RW I, Laweyan, Solo, Senin (21/2/2011), dilaporkan mati mendadak. Hasil pemeriksaan tes cepat (rapid test) terhadap bangkai ayam menunjukkan positif flu burung.

(sry)

Loading...

Kolom

GAGASAN
Karanganyar Makin Beradab

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (18/11/2017). Esai ini karya Imam Subkhan, Ketua RT 001/RW 019, Jaten, Karanganyar. Alamat e-mail penulis adalah imamsubkhan77@gmail.com.   Solopos.com, SOLO–Sepulang sekolah, anak mbarep saya, Nadhifa, yang sekarang duduk di kelas IV sekolah dasar di…