Rabu, 23 Februari 2011 08:53 WIB News Share :

WNI di Libya meminta segera dievakuasi

Jakarta (Solopos.com) – Dengan penuh kemarahan, Muammar Khadafi berpidato 75 menit di TV pemerintah. Dia menyerukan agar aparatnya menyapu bersih orang yang menentangnya. Pidato ini diperkirakan menambah buruk suasana Libya sehingga WNI minta dievakuasi.

Seorang mahasiswa Indonesia di negeri kaya minyak itu menyatakan, suasana Tripoli semakin panas. Terdengar suara tembakan-tembakan. Kondisi ini diperparah dengan pidato Khadafi yang mulai hari ini menyerukan tentara untuk menumpas para pemberontak, dan akan menyapu bersih sampai ke rumah-rumah dan akan memerangi demonstran sampai darah terakhir.

“Tolong media membantu kami mendesak Presiden untuk mengamankan WNI yang di Libya,” harapnya, Rabu (23/2).

Dia belum menemukan langkah-langkah signifikan dari KBRI maupun pemerintah pusat, padahal kondisi saat ini semakin panas. “Prediksi saya bakal pecah kerusuhan dan kekerasan yang lebih parah setelah seruan Khadafi tersebut dan demonstran nggak mau ngalah juga,” ungkapnya.

Dia menuturkan, kondisi Libya sekarang berkembang dengan cepat. “Harus ada langkah-langkah penting segera dari pemerintah pusat. Negara lain sudah mulai evakuasi warganya masing-masing,” ujarnya.

Kemlu RI mencatat jumlah WNI di Libya sebanyak 875 WNI. Dari jumlah itu 500-600 orang tercatat sebagai TKI di sektor formal, 130 mahasiswa dan sisanya adalah TKI sektor informal.

Kemlu mengimbau seluruh WNI, khususnya yang berada di Libya, Yaman dan Bahrain, selalu melakukan komunikasi dan koordinasi dengan KBRI di negara-negara tersebut serta menjauhi keramaian.

dtc/try

lowongan pekerjaan
PT. PERINTIS KARYA SENTOSA, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Sapa Salah Seleh

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (17/11/2017). Esai ini karya Tito Setyo Budi, esais, sastrawan, dan budayawan yang tinggal di Sragen. Alamat e-mail penulis adalah titoesbudi@yahoo.com Solopos.com, SOLO–Ada pepatah tua dalam khazanah budaya Jawa, yaitu sapa salah seleh. Artinya,…