Rabu, 23 Februari 2011 23:12 WIB Solo Share :

Tim 5 akan beraudiensi dengan Walikota Solo

Solo (Solopos.com)--Tim independen atau Tim Lima (Tim 5) yang bakal menggali fakta-fakta di balik hilangnya sejumlah koleksi Museum Radya Pustaka Solo, dijadwalkan akan beraudensi dengan Walikota, Joko Widodo, Kamis (24/2).

“Hari ini kami minta izin kepada Walikota untuk segera mengadakan audiensi dengan Tim 5 dan diagendakan besok. Tim 5 sendiri yang akan mempresentasikan kepada Walikota, terkait program dan langkah apa yang akan dilakukan untuk mengungkap kasus wayang di Museum Radya Pustaka nantinya. Sementara Walikota juga sudah meminta kami untuk membuat surat tugas agar dapat dilaksanakan tim tersebut dengan sebaik-baiknya,” ungkap Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Solo, Purnomo Subagyo ketika ditemui wartawan di Balaikota Solo, Rabu (23/2).

Sementara, Walikota meminta Tim 5 tersebut nantinya dapat mengungkap secara tuntas persoalan itu. Tim 5 diharapkan dapat memberikan kepastian tentang asli atau tidaknya wayang koleksi Museum Radya Pustaka tersebut. “Harus ada ketegasan apakah wayang-wayang yang ada di Museum Radya Pustaka itu asli atau tidak. Tidak sekadar menginventarisasi atau mendata, tapi setelah penelitian atau penggalian fakta-fakta itu, harus ada pernyataan yang menyatakan wayang tersebut asli peninggalan Paku Buwono (PB) X atau palsu,” tegas Walikota.

“Kalau memang ternyata terbukti wayang-wayang di sana palsu, artinya ada benda koleksi yang hilang. Hal itu sekalian saja dilaporkan ke polisi sehingga bisa diusut secara tuntas dan yang hilang bisa dicari,” tandasnya.

Diberitakan sebelumnya, Kalangan budayawan Kota Bengawan menyodorkan lima nama personel tim independen atau Tim Lima (Tim 5) untuk menggali fakta-fakta di balik hilangnya sejumlah koleksi Museum Radya Pustaka Solo. Lima tokoh itu terdiri Prof Dr H Sutarno DEA, ahli bidang pedalangan wayang; Ki Manteb Sudarsono; Drs Bambang Irawan MSc, akademisi sekaligus kerabat Keraton Kasunanan Surakarta; Drs Teguh Prihadi, inisiator Mitra Museum Surakarta serta P Sutrisno Santosa, dosen Pedalangan Institut Seni Indonesia (ISI) Solo.

sry

lowongan pekerjaan
PT. JATIM BROMO STEEL, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Karanganyar Makin Beradab

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (18/11/2017). Esai ini karya Imam Subkhan, Ketua RT 001/RW 019, Jaten, Karanganyar. Alamat e-mail penulis adalah imamsubkhan77@gmail.com.   Solopos.com, SOLO–Sepulang sekolah, anak mbarep saya, Nadhifa, yang sekarang duduk di kelas IV sekolah dasar di…