Rabu, 23 Februari 2011 23:44 WIB Wonogiri Share :

Rampung dibahas, 5 Raperda disetujui

Wonogiri (Solopos.com)--Pembahasan lima rancangan peraturan daerah (Raperda) oleh dua panitia khusus (Pansus) DPRD Wonogiri telah rampung sesuai jadwal, Jumat (18/2) lalu. Hasil pembahasan tersebut disampaikan dalam sidang paripurna, Rabu (23/2) di Gedung DPRD setempat, dan telah disetujui oleh kelima fraksi di DPRD.

Hasil pembahasan Pansus I terhadap tiga Raperda yaitu tentang Bea Perolehan Hak Atas Tanah dan Bangunan (BPHTB), tentang Pajak Daerah dan tentang Pencabutan Perda No 5/2009 tentang Retribusi Pelayanan Kesehatan pada RSUD dr Soediran Mangun Sumarso, disampaikan oleh Sekretaris Pansus I, Dangi Darmanto. Sedangkan hasil pembahasan Pansus II terhadap dua Raperda yaitu tentang Pengelolaan Air Tanah dan tentang Alokasi Dana Desa disampaikan Sekretaris Pansus II, Sunarmin.

Seusai penyampaian hasil pembahasan Pansus, sidang paripurna kemudian dilanjutkan dengan penyampaian pandangan akhir fraksi. Dari kelima fraksi yang ada, yaitu Fraksi PDIP, Fraksi PKS, Fraksi Partai Demokrat, Fraksi Partai Golkar dan Fraksi API semuanya menyatakan setuju dengan hasil pembahasan tersebut.

“Raperda ini hanya mengatur hal-hal yang sifatnya umum. Setelah ditetapkan sebagai Perda, nantinya akan harus ditindaklanjuti dengan Peraturan Bupati yang mengatur hal-hal lebih teknis,” jelas Sunarmin, saat ditemui solopos.com seusai sidang.

Ketua Pansus II, Sutarno SR menambahkan misalnya untuk Perda tentang Pengelolaan Air Tanah, harus diatur lebih lanjut dalam Perbup tentang perizinan, retribusi dan sebagainya. “Dalam Perda ini yang diatur adalah penggunaan air tanah untuk tujuan komersial. Sedangkan untuk sumur-sumur yang digali oleh warga untuk kebutuhan hidup sehari-hari tidak diatur,” ujarnya.

shs

lowongan pekerjaan
sales, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Sapa Salah Seleh

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (17/11/2017). Esai ini karya Tito Setyo Budi, esais, sastrawan, dan budayawan yang tinggal di Sragen. Alamat e-mail penulis adalah titoesbudi@yahoo.com Solopos.com, SOLO–Ada pepatah tua dalam khazanah budaya Jawa, yaitu sapa salah seleh. Artinya,…