Rabu, 23 Februari 2011 21:02 WIB Solo Share :

Pergantian nama Bank Pasar tunggu SK Walikota

Solo (Solopos.com)–Usulan Panitia Khusus (Pansus) rancangan peraturan daerah (Raperda) tentang Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Bank Pasar Kota Solo mengganti nama Bank Pasar menjadi Bank Solo masih menunggu surat keputusan (SK) Walikota.

Anggota Pansus Raperda BPR Bank Pasar, Dedy Purnomo kepada wartawan di Gedung DPRD, Rabu (23/2), mengemukakan Pansus tidak bisa semena-mena mengganti nama Bank Pasar menjadi Bank Solo tanpa mendapatkan izin dari Pemerintah Kota (Pemkot) Solo selaku pemilik saham tertinggi bank tersebut. Atas dasar itulah, Pansus berencana meminta izin kepada Pemkot Solo untuk mengganti nama Bank Pasar menjadi Bank Solo. ”Kami sudah berkonsultasi dengan Depdagri. Secara etika memang harus demikian. Pansus tidak bisa sembarangan mengganti nama Bank Pasar menjadi Bank Solo. Izin itu bisa diberikan Walikota melalui sebuah SK bahwa Pemkot Solo tidak keberatan jika nama Bank Pasar diganti Bank Solo,” tukas Dedy.

Lebih lanjut, Dedy menjelaskan, SK tersebut nantinya bakal menjadi landasan bagi Pansus untuk melanjutkan pembahasan Raperda BPR Bank Pasar. Dengan turunnya SK dari Walikota itu, kata Dedy, Pansus juga diharuskan mengubah judul Raperda dari BPR Bank Pasar menjadi Raperda Bank Solo.

Wakil Ketua Pansus Raperda BPR Bank Pasar, Asih Sunjoto Putro menjelaskan permohonan izin mengganti nama Bank Pasar menjadi Bank Solo akan disampaikan kepada Walikota di sela-sela pembahasan Raperda. Rencananya, Raperda ini akan ditetapkan pada tanggal 10 Maret mendatang.

Rencana pergantian nama Bank Pasar menjadi Bank Solo tersebut bertujuan mengoptimalkan kontribusi bank tersebut dalam menambah pendapatan asli daerah (PAD). Asih menyatakan sejauh ini ada stigma kalau Bank Pasar hanya melayani nasabah dari kalangan pedagang pasar. Padahal segmen Bank Pasar tidak hanya kalangan pedagang pasar tetapi juga kalangan pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). Akibat stigma tersebut, Asih menilai, kontribusi Bank Pasar kurang maksimal.

mkd

lowongan pekerjaan
PT. JATIM BROMO STEEL, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Karanganyar Makin Beradab

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (18/11/2017). Esai ini karya Imam Subkhan, Ketua RT 001/RW 019, Jaten, Karanganyar. Alamat e-mail penulis adalah imamsubkhan77@gmail.com.   Solopos.com, SOLO–Sepulang sekolah, anak mbarep saya, Nadhifa, yang sekarang duduk di kelas IV sekolah dasar di…