Rabu, 23 Februari 2011 13:10 WIB Internasional Share :

Negara-negara bergegas evakuasi warga dari Libya

Tripoli–Situasi di Libya kian panas. Pemerintahan negara-negara di dunia pun bergegas mengevakuasi warga negara mereka dari negeri Afrika Utara itu.

Inggris mengerahkan kapal perang, HMS Cumberland ke wilayah lepas pantai Libya untuk bersiap-siap mengevakuasi warga Inggris.

Sementara dua kapal feri dari Turki telah tiba di Kota Benghazi untuk mengevakuasi sekitar 3.000 warga Turki dari kota tersebut. Feri-feri itu diharapkan akan secepatnya berlayar menuju Turki begitu warga siap dievakuasi. Turki mengirimkan kapal feri tersebut beserta satu kapal militer setelah negeri itu tak bisa mendapatkan izin untuk mendaratkan pesawat di bandara di Kota Benghazi.

Wakil Perdana Menteri Turki Cemil Cicek seperti dilansir Reuters, Rabu (23/2) mengatakan, feri-feri Turki itu bisa membantu mengevakuasi hingga 6 ribu orang per hari jika otoritas Libya terus mengizinkan kapal-kapal itu berlabuh di Benghazi.

Sekitar 25.000 warga Turki berada di Libya dan lebih dari 200 perusahaan Turki terlibat dalam proyek-proyek konstruksi senilai lebih dari US$ 15 miliar. Sejauh ini, Turki telah mengevakuasi lebih dari 2.000 warganya.

dtc/tiw

LOKER SOLO
Siapa Mau Kerja di Dealer ASTRA, Cek Syaratnya di Sini, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Kids Zaman Now Membaca Media Cetak?

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (12/2/2018) dan Harian Bisnis Indonesia edisi Sabtu (10/2/2018). Esai ini karya Lahyanto Nadie, pengampu Manajemen Media Massa di Kwik Kian Gie School of Business dan pengurus Yayasan Lembaga Pers dr. Soetomo Jakarta. Solopos.com,…