News
Rabu, 23 Februari 2011 - 13:10 WIB

Negara-negara bergegas evakuasi warga dari Libya

Redaksi Solopos.com  /  Tutut Indrawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Tripoli–Situasi di Libya kian panas. Pemerintahan negara-negara di dunia pun bergegas mengevakuasi warga negara mereka dari negeri Afrika Utara itu.

Inggris mengerahkan kapal perang, HMS Cumberland ke wilayah lepas pantai Libya untuk bersiap-siap mengevakuasi warga Inggris.

Advertisement

Sementara dua kapal feri dari Turki telah tiba di Kota Benghazi untuk mengevakuasi sekitar 3.000 warga Turki dari kota tersebut. Feri-feri itu diharapkan akan secepatnya berlayar menuju Turki begitu warga siap dievakuasi. Turki mengirimkan kapal feri tersebut beserta satu kapal militer setelah negeri itu tak bisa mendapatkan izin untuk mendaratkan pesawat di bandara di Kota Benghazi.

Wakil Perdana Menteri Turki Cemil Cicek seperti dilansir Reuters, Rabu (23/2) mengatakan, feri-feri Turki itu bisa membantu mengevakuasi hingga 6 ribu orang per hari jika otoritas Libya terus mengizinkan kapal-kapal itu berlabuh di Benghazi.

Sekitar 25.000 warga Turki berada di Libya dan lebih dari 200 perusahaan Turki terlibat dalam proyek-proyek konstruksi senilai lebih dari US$ 15 miliar. Sejauh ini, Turki telah mengevakuasi lebih dari 2.000 warganya.

dtc/tiw

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Kata Kunci : Libya
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif