Rabu, 23 Februari 2011 11:24 WIB Kesehatan Share :

Bawang putih bersihkan plak di pembuluh darah

Jakarta (Solopos.com) – Bawang putih lebih dikenal untuk mengatasi tekanan darah tinggi. Peneliti menemukan mengonsumsi bawang putih bisa berfungsi membersihkan arteri atau pembuluh darah.

Bawang putih bisa memperlambat perkembangan aterosklerosis, yaitu kondisi yang bisa menyebabkan plak dan membayakan pembuluh darah.

National Center for Complementary and Alternative Medicine (NCCAM) menuturkan sejak ribuan tahun lalu masyarakat memiliki kebiasaan mengonsumsi bawang putih karena dipercaya bisa menjadi obat.

Berdasarkan laporan dari University of Maryland Medical Center diketahui bahwa bawang putih memiliki kemampuan menghancurkan plak yang terdapat di dalam dinding pembuluh darah, seperti dikutip dari Livestrong, Rabu (23/2).

Beberapa studi yang dilakukan terhadap pasien aterosklerosis menunjukkan jumlah plak yang menurun ketika pasien diminta untuk mengonsumsi bawang putih dalam bentuk suplemen. Meski demikian diperlukan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui dengan pasti bagaimana cara bawang putih menghancurkan plak.

Studi lain juga menemukan konsumsi bawang putih bisa membantu menurunkan kadar kolesterol darah total dan juga kadar kolesterol jahat (LDL), sekaligus meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) sehingga mengurangi risiko plak menumpuk di arteri.

Selain itu, hasil penelitian yang dilakukan oleh Linus Pauling Institute menuturkan bahwa bawang putih juga memiliki kemampuan untuk mencegah pembekuan darah di arteri serta mengurangi jumlah trombosit dalam darah yang bergumpal.

Sedangkan bawang putih yang dikonsumsi dalam bentuk bubuk atau minyak tampaknya juga efektif untuk mencegah penggumpalan darah di arteri yang bisa menyebabkan serangan jantung atau stroke.

Bila seseorang ingin mengonsumsi bawang putih untuk membersihkan arteri, UMMC menyarankan mengonsumsi 2-4 siung bawang putih segar setiap hari, atau bisa juga bawang putih itu dicampurkan dalam makanan.

dtc/try

lowongan pekerjaan
Hotel Margangsa, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Generasi Milenial dan Politik

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa (14/11/2017). Esai ini karya Lukmono Suryo Nagoro, editor buku yang tinggal di Kota Solo. Alamat e-mail penulis adalah lukmono.sn@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Baru-baru ini lembaga think tank yang bermarkas di Tanah Abang, Jakarta, Centre for…