Rabu, 23 Februari 2011 12:25 WIB Internasional Share :

AS akan evakuasi warga dari Libya

Tripoli–Situasi di Libya kian memanas. Departemen Luar Negeri (Deplu) Amerika Serikat telah mencarter sebuah kapal feri untuk mengevakuasi warga AS dari negeri itu.

Dalam pemberitahuan untuk warga AS di Libya, Deplu AS menyatakan, warga AS yang ingin meninggalkan Libya harus melapor ke pelabuhan As-shahab di Tripoli, ibukota Libya dengan membawa paspor mereka pada Rabu (23/2) pukul 09.00 waktu setempat. Kemudian kapal akan bertolak menuju Pulau Malta pada pukul 15.00 waktu setempat. Demikian seperti diberitakan Los Angeles Times, Rabu.

Dikatakan Deplu AS, evakuasi ini akan dilakukan atas dasar siapa yang lebih dulu tiba di pelabuhan maka dia akan lebih dulu dibolehkan naik ke kapal. Namun prioritas akan diberikan bagi mereka yang harus segera mendapat pertolongan medis atau bagi mereka yang sakit parah.

Evakuasi ini dilakukan di tengah memburuknya situasi keamanan di seluruh Libya. Sebab pemimpin Libya Muammar Khadafi telah bersumpah akan mengalahkan lawan-lawan yang kini menguasai kota-kota di bagian timur Libya.

Sebelumnya pada Senin (21/2) dan Selasa (22/2) telah dilakukan upaya untuk mengevakuasi 35 diplomat non-esensial AS dan anggota keluarga personel kedutaan AS dengan menggunakan pesawat terbang. Namun upaya itu gagal terlaksana.

Deplu AS menyatakan, saat ini ada sekitar 600 warga AS beserta beberapa ribu warga berkebangsaan ganda AS-Libya di negeri itu.

dtc/tiw

lowongan pekerjaan
Bengkel Bubut, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Karanganyar Makin Beradab

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (18/11/2017). Esai ini karya Imam Subkhan, Ketua RT 001/RW 019, Jaten, Karanganyar. Alamat e-mail penulis adalah imamsubkhan77@gmail.com.   Solopos.com, SOLO–Sepulang sekolah, anak mbarep saya, Nadhifa, yang sekarang duduk di kelas IV sekolah dasar di…