News
Selasa, 22 Februari 2011 - 12:34 WIB

Bapepam tegur sekuritas tertibkan nasabah transaksi marjin

Redaksi Solopos.com  /  Triyono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Jakarta (Solopos.com) – Badan Pengawas Pasar Modal dan Lembaga Keuangan (Bapepam-LK) kembali mengingatkan perusahaan efek (PE) agar menertibkan nasabah reguler yang masih memperoleh fasilitas transaksi marjin atau pemberian pembiayaan dari broker.

Hal itu seperti disampaikan Ketua Bapepam-LK, Nurhaida, dalam arahan sosialisasi tiga peraturan baru, V.D.3, V.D.4, dan V.D.5 di Hotel Ritz Calton, SCBD Pacific Place, Jakarta, Selasa (22/2).

Advertisement

Fasilitas pemberian pembiayaan, menurutnya, hanya bisa diberikan kepada nasabah khusus. Begitu pula dengan PE. Hanya PE terpilih saja yang berhak memberikan fasilitas transaksi marjin. Saham-sahamnya pun pilihan, dan diperbaharui daftar transaksi marjin setiap bulannya.

“Saham, perusahaan efek, nasabah yang berhak pemberian pembiayaan. Jangan nasabah reguler, karena melanggar transaksi marjin. Tolong ditertibkan,” serunya dalam kesempatan tersebut.

Transaksi margin adalah fasilitas yang diberikan kepada investor untuk membeli saham dengan nilai lebih besar dari modal. Contohnya nasabah punya modal Rp 20 juta maka bisa membeli saham hingga Rp 40 juta dimana sisa kekurangan ditalangi oleh perusahaan sekuritas. Aturan di bursa hanya membolehkan perusahaan sekuritas memberikan maksimal dua kali dari modal nasabah.

Advertisement

Keuntungan bagi PE adalah mendapat fee transaksi dan bunga dari pinjaman. Sedangkan bagi nasabah jika harga sahamnya tinggi akan mendapat untung berlipat, tapi jika rugi maka ruginya juga besar.

Bapepam-LK juga mengingatkan pentingnya investasi pada Teknologi Informasi (TI) berupa update sistem. Hal ini bertujuan agar risiko dapat termitigasi dengan baik. “PE investasi teknologi, berupa sistem risk management. Monitoring dilakukan dengan baik. Oleh karena, ini adalah modal. Dapat dilihat peraturan V.D.5, secara eksplisit ada peningkatan modal untuk investasi. Ini agar dapat bersaing di domestik dan regional,” jelasnya.

dtc/try

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif